Jawabanmu

2014-02-27T19:24:31+07:00
Idato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan

gar dapat menyusun teks pidato yang baik, perlu diperhatikan langkah-langkah menyusun naskah pidato seperti berikut.

1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan yang sesuai dengan tujuan pidato

2. Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato.

3. Menyusun kerangka pidato, yang mengandung tiga bagian pokok:

a. Pendahuluan

Bagian ini biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, atau ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait.

b. Isi

Isi pidato harus sesuai dengan tujuan dan tema atau pokok pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya.

c. Penutup

Bagian ini biasanya berisi seruan untuk membangkitkan motivasi , kesimpulan isi pidato, serta harapan atau saran-sarannya.

4. Menyusun dan mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami.



Pada kesempatan apa Anda berbicara (kegiatan)Gagasan apa yang hendak kita sampaikanBagaimana keadaan pendengarBahasa yang kita pakai (disesuaikan dengan jenis kegiatan)Urutan Pidato terdiri dari Salam PembukaSapaan Kepada HadirinUcapan Puji Syukur,PendahuluanIsiSalam PenutupPenutup.Menulis teks pidato disesuaikan dengan tujuan dari pidato, diantaranya:Apakah untuk memberikan Informasi?Apakah untuk meyakinkan dan mengajak?Apakah untuk mengambil keputusan?Dalam menulis teks pidato persiapan yang dilakukan adalah:Menentukan TopikMengidentifikasi pendengar/ saran/ pemirsa dan situasiMenentukan bahanMenyusun kerangka pidatoMengembangkan kerangka menjadi teks.
1 5 1
2014-02-27T19:25:00+07:00
1. Menentukan TemaTema adalah materi pidato yang harus dipilih sebelum membuat naskah pidato.Contoh tema : religius, lingkungan, masyarakat, sosial, pendidikan, dll..2. Menentukan Lama PidatoTentukan berapa lama waktumu untuk berpidato nanti. Banyak naskah harus sebanding  dengan lama pidatonya agar pada saat menyampaikan pidato nanti tidak molor (kelebihan)  atau malah terlalu cepat.3. Susun Kerangka PidatoKerangka diurutkan sedemikian rupa.a. Salam PembukaSalam pembuka berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan.b. PendahuluanPendahuluan berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.c. Isi PokokIsi pokok berisi dari inti pidato tersebut.d. SimpulanSimpulan berisi dari kesimpulan inti pidato tersebut.e. Harapan- HarapanHarapan-harapan berisi dampak positif yang diharapkan terjadi pada pendengar pidato  setelah mendengar pidato tersebut.f. PenutupBerisi ucapan terima kasih, meminta maaf, dan salam penutup.4. Mengembangkan KerangkaPengembangan kerangka dilakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah pada  kerangka karangan menjadi kalimat-kalimat ke paragraf-paragraf. Kembangkanlah sesuai  tema yang kamu tentukan.Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.