Jawabanmu

2014-02-27T19:09:43+07:00
1. gerak endonom : gerak yang belum diketahui penyebabnya, tetapi gerakannya cenderung berasal dari dalam
contoh : gerak daun hydrilla
2. gerak esionom : gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar
3. higroskopis : gerak tumbuhan yang disebabkan oleh perbedaan kadar air
Jawaban paling cerdas!
2014-02-27T19:28:48+07:00
Jenis-jenis gerak pada tumbuhan terbagi menjadi 3: 

1» Higrokospis : gerakan karena perubahan kadar air dalam sel 
tumbuhan (ex: pecahnya kulit buah polong-polongan) 

2» Esionom : gerakan karena rangsangan dari luar 
( Ex: gerakan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsanga} 

3» Endonom/Autonom : Gerakan karena faktor dari dalam 
tumbuhan itu sendiri (ex: Sitoplasma Hydrilla Verticillata)
1 5 1