Jawabanmu

2014-09-08T19:53:39+07:00
Nih :
Okelah …… kalau begitu kita mulai saja ngobrol-ngobrol dengan para narasumber .Yang pertama saya akan bertanya pada kawan Pokja SMPN .

Oshy .D (Moderator) : Apa kabar ibu dan kawan-kawan Narasumber? Selamat datang di studio kami !

Narasumber : Baik, sangat baik dan sangat luar biasa.

Oshy.D (Moderator) : Baiklah kita akan memulai dialog kita pada pagi hari ini. Saya ingin bertanya pada kawan-kawan pokja . Ngomong-ngomong ya . kalau boleh tahu tanaman jahe itu apa sih ?

Irine M.S (Pokja S1BOY) : Hmm…….., tanaman jahe itu ya mbak , tanaman rimpang yang digunakan sebagai rempah-rempah pada bumbu masak dan juga dapat digunakan sebagai alternaltif obat.

Oshy.D (Moderator) : Sebenarnya ada berapa jenis tanaman jahe itu?

Khusnul. H (Pokja S1BOY) : Kalau tanaman jahe itu ada 3 jenis : ada putih / jahe kuning besar yang disebut juga jahe gajah / jahe badak. Terus ada juga jahe putih/ jahe kuning kecil yang disebut juga dengan jahe suntil/ jahe emprit. Terus yang terakhir jahe merah.

Oshy.D (Moderator) : Sebenarnya apa sih manfaat jahe? Memang ada hubungannya dengan kesehatan manusia?

Hanys (Ahli Tanaman) : Jahe itu bias menurunkan tekanan darah terus juga bisa membantu pencernaan dan juga mencegah penggumpalan darah.

Helen (Ahli Nutrisi) : Terus jahe juga dapat mencegah mual , membuat lambung menjadi nyaman , dan juga meningkatkan kram perut dan mengeluarkan angin.

Indriani (Ahli Gizi) : Yang saya tahu jahe juga bisa digunakan sebagai bumbu masak , menambah nafsu makan dan juga memperbaiki pencernaan .

Oshy.D(Moderator) : Dalam menanam jahe , ada nggak kesulitan atau hambatan dalam menanam jahe?

Gustavia (Pokja S1BOY) : Biasanya hambatannya adalah saat menanam jahe diserang penyakit laju yang disebabkan oleh serangga bakteri Ralstonia Selanaceranum.

Oshy.D (Moderator) : Terus kalau terjadi pemunahan apa yang biasanya dilakukan ?

Gustavia (Pokja S1BOY) : Kita akan menggunakan perakitan Varietal lahan, metode evisien serta materi genetik , cara yang terakhir yaitu dukungan teknologi.

Oshy.D (Moderator) : Terus kalau di SMPN  tempat pembudidayaan tanaman jahe itu dimana?

Irine (Pokja S1BOY) : Disebelah selatan Kantin , tepatnya tempat pembudidayaan tanaman Anggrek.
yg kk kasih dialog itu tema nya apa ?hehe
Temanya kesehatan ia