Jawabanmu

2014-09-08T18:57:40+07:00
Iya, itu salah satu faktor kedatangan VOC ke Indonesia
Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T18:59:45+07:00
Jatuhnya konstatinopel ke tangan turki maka perdagangan antara bangsa asia dan eropa menjadi terputus. akhirnya bangsa eropa kesulitan untuk mendapatkan rempah2 karena pasukannya di boikot oleh turki. sehingga mendorong bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra untuk mencari rempah2 ke daerah baru khususnya indonesia.
2 4 2