Jawabanmu

2014-09-08T16:32:54+07:00
Memiliki objek, objek nya menarik, objek nya tidak membosankan
1 5 1
2014-09-08T17:33:46+07:00
Menulis Objek Gambar merupakan salah satu sub bagian dari Model Pembelajaran Menulis/Mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sub bagian yang lain dari model pembelajaran Menulis yaitu : Menulis Objek Langsung, Menulis Beranting, Menulis Re-Kreasi dan Menulis Imajinatif.

Model pembelajaran Menulis Objek Gambar merupakan pembelajaran lanjutan dari pada model pembelajaran Menulis Objek Langsung. Dalam model pembelajaran menulis ini siswa dilatih untuk mengungkapkan sesuatu berupa objek gambar (misalnya: gambar bunga, gambar gunung, gambar buah-buahan, gambar  kuda, dsb) lalu menuliskan dalam beberapa kalimat tentang apa saja yang dilihatnya. Bisa warnanya, bentuknya, atau ciri khususnya, dsb. Pilihan tergantung situasi pembelajaran seperti apa yang dikehendaki/diinginkan, dan relevansinya dengan tujuan pembelajaran. Menulis berarti mengungkapkan sesuatu dalam bentuk kata dan kalimat/tulisan.

Salah satu alternatif langkah-langkah pembelajarannya, sebagai berikut :

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok beranggotakan 3-4 siswa.
Setiap kelompok mendapat tugas untuk mengamati sebuah objek gambar, misalnya : gambar bunga, gambar kuda, gambar bola, gambar ikan, gambar gunung atau yang lainnya.
Setiap kelompok lalu menuliskan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek gambar tersebut ke dalam beberapa kalimat. Misalnya yang mendapat bagian mengamati gambar bunga, lalu menuliskan ciri-ciri bunga tersebut. Mungkin warnanya, bentuknya, bagian-bagian bunga atau ciri khususnya, dsb.
Setelah selesai, guru menunjuk  salah satu kelompok untuk menampilkan/membacakan hasil tulisannya/karangannya.
Setiap satu kelompok selesai lalu diberi aplaus, kini giliran kelompok yang lain. Demikian seterusnya sampai seluruh kelompok tampil membacakan hasil karangannya.
Evaluasi,
Kesimpulan.