Jawabanmu

2014-09-08T16:37:00+07:00
-Pancasila sbg Ideologi : Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah Pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.
-Pandangan hidup bangsa : 
Pengertian pandangan hidup adalah suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup, dimana dengan aturan aturan yang di buat untuk mencapai yang di cita citakan. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan sarana ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya.
-Pedoman hidup bangsa : 
Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Seluruh kegiatan dalam berwarganegara harus didasarkan pada pancasila.
2014-09-08T16:37:08+07:00
1. sebagai dasar neg :
Dasar negara adalah fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, dan sebagai pedoman hidup dan pondasi bagi seluruh negara
2. kedudukan pancasila:

  Kedudukan  Pancasila sebagai titik sentral pembahasan ini adalah kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan kausa finalis pancasila yang dirumuskan oleh pembentuk negara pada hakekatnya adalah sebagai dasar negara Republik Indonesia. Namun hendaknya dipahami bahwa asal mula pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia adalah digali dari unsur-unsur yang berupa nilai-nilai yang terdapat pada bangsa Indonesia sendiri yang berupa pandangan hidup bangsa Indonesia.    kedudukan pancasila di indonesia sangat tinggi, ia mempunyai kedudukan ke2 setelah uud 45 dan merupakan dasar negara indonesia.