Jawabanmu

2014-02-27T15:13:29+07:00
Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalamTata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya.
Asteroid pertama yang ditemukan adalah 1 Ceres yang ditemukan pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Kala itu, asteroid disebut sebagai planetoid.
Jadi kalau mau dipersimple, asteroid itu bisa diartikan juga sebagai planet kecil yang beredar mengelilingi matahari dalam satu koloni(sabuk asteroid)
Sudah sebanyak ratusan ribu asteroid di dalam tatasurya kita diketemukan dan kini penemuan baru itu rata-rata sebanyak 5000 buah per bulannya. Pada27 Agustus 2006, dari total 339.376 planet kecil yang terdaftar, 136.563 di antaranya memiliki orbit yang cukup dikenal sehingga bisa diberi nomor resmi yang permanen. Di antara planet-planet tersebut, 13.350
Dua asteroid sabuk sistem tatasurya sebelah dalam, yaitu 2 Pallas dan 4 Vesta; keduanya memiliki diameter ~ 500 km. Vesta merupakan asteroid sabuk paling utama yang kadang-kadang terlihat oleh mata telanjang (pada beberapa kejadian yang cukup jarang, asteroid yang dekat dengan bumi dapat terlihat tanpa bantuan teknis; lihat 99942 Apophis).
maaf bukan asteroid tapi meteoroid atau meteroid.dan saya juga salah karena tidak menulis meteorid..
2014-02-27T15:13:50+07:00
Pembahasan Tentang Asteroid dan MeteorAsteorid atau planetoid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang bergerak mengelilingi matahari. Sebagian besar asteroid ditemukan di orbit Mars dan Jupiter. Di dalam orbit ini, terdapat lebih dari 1.150 asteroid yang memiliki diameter lebih dari 30 Km. Ukuran asteroid yaitu 1-900 Km. Asteroid yang orbit nya melewati bumi dinamakan asteroid apollo. Asteroid lain yang ada di luar orbit Mars dan Jupiter yaitu asteroid trojan dan asteroid AAA (Apollo, Amor, dan Aten). Asteroid yang terbesar yaitu Ceres.

Meteor adalah benda angkasa berupa pecahan batuan yang jatuh masuk ke dalam atmosfer bumi. Meteor ini merupakan benda angkasa yang memiliki lintasan yang tidak beraturan, sehingga dapat menyebabkan tumbukan dengan benda angkasa lain, termasuk planet bumi. Ada beberapa meteor yang jatuh ke bumi, diantara nya :
Di Arizona (AS) yang menyebabkan adanya kawah berdiameter 1200 m.Di Siberia (Rusia), meteor jatuh dihutan sehingga menimbulkan kebakaran besar.
- Berdasarkan jenis kandungan unsur nya, meteorit dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
Meteorit batu, yaitu meteor yang kandungan materi nya sebagian besar terdiri atas kalsium dan magnesium.Meteorit logam, yaitu meteor yang kandungan materi nya sebagian besar terdiri atas ferum dan nikel.Orbit meteor terhadap matahari dinamakan meteorid, sedangkan meteor yang jatuh ke bumi terlihat memiliki cahaya melewati langit seperti bola api disebut meteorit.