Sebutkan bagian orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda pada cerita fabel berikut :



Kelinci pembohong

Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang
sangat nakal, setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang
rumput. Pada suatu hari, si kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam
hati, kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana
ya?” Si kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai
di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari di ke arah Pak Kijang sambil
berteriak ‘Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk! Hehehe....




Maka sambil larilah, Si Kelinci sambil berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak
Singa ngamuk!”, akhirnya Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa
arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika.




Puaslah hati Si Kelinci, berbahak-bahak dia, “kena saya kerjain Pak
Kijang, sukurin. Hahaha....”. Begitu bangganya Si Kelinci, “cerdas juga
saya”. Sombong si kelinci.




Si kelinci melanjutkan jalan-jalannya sambil mencari korban berikutnya.
Dari kejauhan, Si Kelinci melihat Pak Kerbau. Dia pun melakukan hal yang
sama seperti yang pernah Ia lakukan kepada Pak Kijang. “Pak Singa
ngamuk! Pak Singa ngamuk” teriak Si Kelinci, sambil berlari ke arah Pak
Kerbau dan keluarga besarnya. Tanpa menunggu lama, Pak Kerbau langsung
lari terbirit-birit sampai istri Pak Kerbau yang lagi hamil jadi
keguguran. Duka Pak Kerbau menjadi suka cita bagi si kelinci yang nakal.




Pada hari berikutnya, Pak Kijang bertemu dengan Pak Kerbau, mereka
menceritakan kejadian yang telah mereka alami kemarin. Selagi mereka
asyik membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti
disebabkan oleh si nakal Kelinci, tiba-tiba terdengarlah suara teriakan
Si Kelinci dari kejauhan, “Tolong, saya dikejar-kejar Pak Singa, Pak
Singa ngamuk! Toloong, tolooong, tolooooong..!!,” tapi tidak ada yang
peduli, “ah, paling-paling Si Kelinci lagi-lagi membohongin kita” pikir
mereka sambil tertawa melihat si kelinci.




Dengan sekuat tenaga si kelinci melompat - lompat menghindari kejaran
maut dari Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih
cepat larinya, akhirnya Si Kelinci mati secara tragis, tubuhnya
dikoyak-koyak oleh Pak Singa dan tidak ada seorang pun yang peduli
padanya.


pleasee bantu ya besok dikumpulinnya !!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T16:12:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Orientasi : Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal, setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Komplikasi : Pada suatu hari, si kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari di ke arah Pak Kijang sambil berteriak ‘Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk! Hehehe.... Maka sambil larilah, Si Kelinci sambil berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!”, akhirnya Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika. Puaslah hati Si Kelinci, berbahak-bahak dia, “kena saya kerjain Pak Kijang, sukurin. Hahaha....”. Begitu bangganya Si Kelinci, “cerdas juga saya”. Sombong si kelinci. Si kelinci melanjutkan jalan-jalannya sambil mencari korban berikutnya. Dari kejauhan, Si Kelinci melihat Pak Kerbau. Dia pun melakukan hal yang sama seperti yang pernah Ia lakukan kepada Pak Kijang. “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk” teriak Si Kelinci, sambil berlari ke arah Pak Kerbau dan keluarga besarnya. Tanpa menunggu lama, Pak Kerbau langsung lari terbirit-birit sampai istri Pak Kerbau yang lagi hamil jadi keguguran. Duka Pak Kerbau menjadi suka cita bagi si kelinci yang nakal. Pada hari berikutnya, Pak Kijang bertemu dengan Pak Kerbau, mereka menceritakan kejadian yang telah mereka alami kemarin. Selagi mereka asyik membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh si nakal Kelinci, tiba-tiba terdengarlah suara teriakan Si Kelinci dari kejauhan, “Tolong, saya dikejar-kejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Toloong, tolooong, tolooooong..!!,” tapi tidak ada yang peduli, “ah, paling-paling Si Kelinci lagi-lagi membohongin kita” pikir mereka sambil tertawa melihat si kelinci. Resolusi :Dengan sekuat tenaga si kelinci melompat - lompat menghindari kejaran maut dari Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih cepat larinya, akhirnya Si Kelinci mati secara tragis, tubuhnya dikoyak-koyak oleh Pak Singa dan tidak ada seorang pun yang peduli padanya.
Komplikasi adalah struktur cerita dimana konflik mulai ada. Dan berbaur (?) Dengan pemain cerita
Resolusi, yaitu dimana konflik mulai beransur-angsur bisa diatasi, rasa khawatir mulai hilang, dan sedikit lega
Koda yaitu penutup atau ending. Kebanyakan cerita fabel hanya sampai resolusi saja. Biasanya yang sampai koda merupakan fabel pertemanan yang happy ending. Sekian
maaf, kalau kodanya yang mana ?
Koda Nya mana ?
2014-09-08T16:13:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Orientasi: Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang 
sangat nakal, setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang 
rumput. Pada suatu hari, si kelinci bertemu dengan Pak Kijang

komplikasi: seekor kelinci yang nakal suka mengerjai hewan di sekitarnya

resolusi: 
Dengan sekuat tenaga si kelinci melompat - lompat menghindari kejaran 
maut dari Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih 
cepat larinya

koda: akhirnya kelinci mati seketika karena dimakan singa

maaf kalo salah
1 2 1