Jawabanmu

2014-09-08T08:33:35+07:00
Al khabir adalah mengetahui yang lalu dan yang akan datang.. jadi didalam kehidupan kita sehari hari kita tidak mempunyai perilaku yang demikian itu, hanya Allah yang mempunyainya. tapi bagi orang yang diberikan taufik dan atas kekuasaannya bisa saja ini terjadi. bila kita ingin yang demikian ini, kita harus taqarrub kepada Allah, karena apabila kita dekat dengan Allah apa apa yang kita minta insya Allah dikabulkan,sesuai dengan hadits qudsi berikut :
 yang artinya Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, Allah berfirman, “Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku menyatakan perang terhadapnya. Tidaklah hamba-Ku mendekati-Ku dengan sesuatu yang lebih Kucintai daripada apa yang telah Aku wajibkan. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekatkan diri kepada-Ku dengan ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Ketika Aku mencintainya, Aku menjadi pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangan yang dia gunakan untuk menggenggam dan manjadi kaki yang dia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, pasti Ku-beri, dan jika memohon perlindungan-Ku pasti Kulindungi.” (HR Bukhari)....
       yang dimaksud oleh hadits di atas adalah bahwa Allah akan memberikan cahanya-Nya kepada setiap badan yang disebut dalam hadits. Dengan cahaya itulah anggota badan tersebut akan berjalan menelusuri jalan hidayah dan menjauhi jalan kesesesatan. Al-Qur’an juga telah menegaskan bahwa Allah adalah cahaya langit dan bumi (an-Nuur: 35)
       
2014-09-08T11:29:23+07:00
Jika yang di maksud dalam pertanyaan ini adalah pengamalan bahwa kita mengimani bahwa Allah itu الخبير maka kita :
- tidak melakukan perbuatan maksiat karena Allah mengetahui semua apa yang kita rahasiakan apalagi yang kita lakukan secara terang-terangan.
- rajin beribadah dan ber amal shalih kepada sesama manusia
- تقرّب =mendekatkan diri kepada Allah
- Ikhlas dalam beramal dan hanya mengharap ridla Allah S.W.T.
- rajin berdoa dan ber ikhtiar kepada Allah karena Allah yang mengetahui segalanya
- bertawakkal kepada Allah