Jawabanmu

2014-09-08T07:25:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
obyek IPA itu makhluk hidup, benda-benda, serta fenomena-fenomena yang terjadi didalamnya
pengamatan
objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola - pola keteraturannya
2014-09-08T07:34:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERTEMUAN 1   Satuan Pendidikan               :  SMP  Mata Pelajaran                    :  IPA Kelas/Semester                     :  VII /I Topik                                      :  Objek IPA dan Pengamatannya Sub Topik                              :  Objek IPA dan Pengamatan Alokasi  Waktu                     :  3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )    MATERI 1.          Objek yang dipelajari dalam IPA  meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola krteraturannya. 2.          Kegunaan belajar IPA, agar kita dapat meningkatkan kwalitas hidup, memahami berbagai  hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berfikir logis dan sistematis. 3.          - Pengamatan : melibatkan panca indra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat    ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi. 4.          - Inferensi : merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan- hubungan antar aspek yang diamati serta membuat prediksi. 5.          - Komunikasi : mengkomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan gambar yang relefan.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN 1.       Pendekatan                          :            Scientific 2.       Metode                  :               Observasi dan diskusi 3.       Model                    :               Problem Based Learning F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN 1.       Media                    :            Alam sekiter kita 2.       Alat dan bahan    :               Alat indra dan lingkungan 3.       Sumber Belajar    :               Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013                                                                                  Buku Guru KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke - 1
Tahapan pokok Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Pendahuluan Orientasi siswa pada masalah -Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA. -Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut. -Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan. 20 menit Inti Mengorganisasi siswa dalam belajar -Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru. - Siswa menerima LKS untuk pengamatan . 20 menit  Membimbing pengamatan siswa secara mandiri maupun kelompok -Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. -Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan. 40 menit           Mengembangkan dan menyajikan hasil karya -Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis. -Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan kelas     20 menit Penutup Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah -Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan- pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa. -Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan. -Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.     20 menit
         
 PENILAIAN 1.       Metode dan bentuk instrumen Metode Bentuk intrumen 1.    Sikap Lembar pengamatan sikap 2.   Tes unjuk kerja Tes penilaian kinerja dalam pengamatan   Lampiran 1 : Instrumen penilaian non tes 1.       PENILAIAN SIKAP Mata pelajaran    :   IPA                                                                                     Semester                :  1 ( satu ) Kelompok         :                                                                                                                   Kelas                      :                 NO   NAMA SISWA   SKOR   Komitmen tugas   Kerja sama   ketelitian   minat   Jumlah skor   Nilai 1






2






3






4






  SKOR NILAI   =   0 - 100   2.       FORMAT PENILAIAN KINERJA      NAMA SISWA: ....................         TANGGAL: ......................   KELAS: ......................... NO ASPEK YANG DINILAI TINGKAT KEMAMPUAN 1 2 3 4 1 Menyiapkan alat dan bahan pengamatan



2 Menggunakan alat sesuai fungsinya



3 Melakukan pengamatan dengan teliti



4 Menyusun data hasil pengamatan










JUMLAH



Kriteria penskoran                                                               1.Baik sekali         4                                                                                              2.Baik                    3                                                                                                              3.Cukup                2                                                                                                              4.Kurang               1                                                                                              LEMBAR KERJA SISWA CIRI-CIRI FISIK   A.      TUJUAN                                               :   Mengamati ciri teman satu kelompok B.      ALAT DAN BAHAN          : 1.                   Siswa 2.                   buku 3.                   alat tulis C.      PETUNJUK KERJA: 1.       Amati ciri fisik teman sekolompok dengan teliti! 2.       Tulis hasil pengamatan dalam tabel! D.      TABEL PENGAMATAN: No. Nama CIRI YANG DIAMATI Bentuk rambut Bentuk hidung Bentuk mata





























    E.      PERTANYAAN 1.       Bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu 2.       Apa kesimpulan dari hasil pengamatan KETELITIAN DALAM PENGAMATAN ALAT DAN BAHAN : 1.       Kertas tisu 2.       Sepidol 3.       Baker glass 4.       Air 5.       Penggaris   CARA KERJA : 1.       Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm 2.       Beri garis denga sepidol hitam 2 cm dari pinggir kertas 3.       Ambil baker glass isi dengan air setinggi 1 cm 4.       Buat prediksi apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas dicelupkan beberapa saat ke dalam air 5.       Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit dimatas permukaan air DATA HASIL PENGAMATAN   Keadaan garis pada kertas tisu Sebelum dicelupkan Sesudah dicelupkan            
  DISKUSI : Jika prediksimu bebeda dengan kenyataannya apakah akan diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?