Sebuah kerucut terbalik diisi air sampai setengah ketinggiannya, ternyata diperlukan air sebanyak 38,5 liter. Jika seseorang ingin mengisi kerucut tersebut sampai penuh, berapakah liter air yang diperlukan? (jawab dengan cara)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T00:38:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Rumus volume kerucut 
V =  \frac{1}{3}  \pi  r^{2}t

ketika kerucut yang terbalik di isi air hingga mencapai setengah dari keseluruhan tinggi kerucut.
Berarti jari jari kerucut yang berada di permukaan air = 1/2 kali jari jari kerucut total

sehingga rumus volume air yang ada dikerucut 
Vair =  \frac{1}{3}   \pi ( \frac{1}{2} r)^{2}  ( \frac{1}{2} t)= \frac{1}{8}( \frac{1}{3}  \pi r^{2}t)=  1/8 x V

Vair = 1/8 x V -----> V = Vair x 8 = 38,5 x 8 = 308liter

2 5 2
2014-09-08T01:05:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
V kerucut = 1/3 π r² t
r₂ = r₁/2
t₂ = t₁/2

V kerucut baru = 1/3 (r₁/2)²(t₁/2)
= 1/8 (1/3 πr²t)
= 1/8 Vkerucut

V = V air x 8
= 38,5 liter x 8
= 308 liter
1 5 1