Jawabanmu

2014-09-07T22:42:27+07:00
Sistem koordinat Kartesius digunakan untuk menentukan tiap titik dalam bidang dengan menggunakan duabilangan yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut.Untuk mendefinisikan koordinat diperlukan dua garis berarah yang tegak lurus satu sama lain (sumbu x dan sumbu y), dan panjang unit, yang dibuat tanda-tanda pada kedua sumbu tersebut.Sistem koordinat Kartesius dapat pula digunakan pada dimensi-dimensi yang lebih tinggi, seperti 3 dimensi, dengan menggunakan tiga sumbu (sumbu x, y, dan z).Sistem koordinat Kartesius disertai lingkaran merah yang berjari-jari 2 yang berpusat pada titik asal (0,0). Persamaan lingkaran merah ini adalah x² + y² = 4.Dengan menggunakan sistem koordinat Kartesius, bentuk-bentuk geometri seperti kurva dapat diekspresikan dengan persamaan aljabar.Sebagai contoh, lingkaran yang berjari-jari 2 dapat diekspresikan dengan persamaan x² + y² = 4.Istilah Kartesius digunakan untuk mengenang ahli matematika sekaligus filsuf dariPerancis Descartes, yang perannya besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri(Cartesius adalah latinisasi untuk Descartes). Hasil kerjanya sangat berpengaruh dalam perkembangan geometri analitik, kalkulus, dan kartografi.Ide dasar sistem ini dikembangkan pada tahun 1637 dalam dua tulisan karya Descartes. Pada bagian kedua dari tulisannya Discourse on Method, ia memperkenalkan ide baru untuk menggambarkan posisi titik atau obyek pada sebuah permukaan, dengan menggunakan dua sumbu yang bertegak lurus antar satu dengan yang lain. Dalam tulisannya yang lain, La Géométrie, ia memperdalam konsep-konsep yang telah dikembangkannya.
1 1 1
2014-09-07T23:28:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Cartesius kadang-kadang disebut juga Cartesian, adalah sebutan yang diberikan kepada seorang ahli filsafat bangsa perancis bernama : RENE DESCARTES. Rene telah memperkenalkan suatu sistem penggunaan titik pada bidang, yaitu setiap titik pada bidang dihubungkan dengan sepasang bilangan real. Sistem ini dikenal sebagai sistem Koordinat Cartesius. Misalnya untuk menentukan letak suatu titik Cartesius menggunakan dua ruas garis yang disebut sumbu. Sumbu pertama adalah sumbu mendatar (horizontal) dan biasanya dinamakan sumbu X. Sumbu kedua adalah sumbu tegak (vertikal) yang biasanya dinamakan sumbu Y. Kedua sumbu itu berpotongan tegak lurus satu sama lain. Titik potongnya disebut titik asal/pusat/pangkal atau titik O(0,0). Pada kedua garis itu diberi skala yang mewakili pasangan berurut dari bilangan real.