Sebuah benda dengan volume 8000 cm3 dan massa jenisnya 1500 Kg/m3 tercelup dalam air seluruhnya. Massa jenis air 1000 Kg/m3, percepatan grafitasi bumi 10 m/s2 . Berapakah besar gaya ke atas yang dialami benda dan berat benda di dalam air?.

2

Jawabanmu

2014-02-26T22:19:51+07:00
Fa = massa jenis air . g . Vbf
     = 1000 . 10. 8 x  10^{-3} = 80 N
apakah massa jenis benda tidak dibutuhkan ?
massa jenisnya buat berat bendanya mungkin
aku nggak tau caranya
yg ditanyainnya f archimedes ya ? oke makasih yaa
sm"
Jawaban paling cerdas!
2014-02-26T22:28:28+07:00
8000cm3 = 8x 10^{-3} m3
cari berat benda dulu kak р=m/V (gunakan satuan kilo meter sekon ya kak)
p=m/V
1500= \frac{m}{8x 10^{-3} }
m = 12kg
lalu masukan deh 
Fa=p(air) . V(benda dalam fluida)  . g
   = 1000 . 8x 10^{-3} .10
   = 80 N
berat benda di air = w-Fa = 120 - 80 = 40 N
semoga membantu , maaf ya kalau ada salah mau tidur >.<
 




kalau jawaban ku menurut kamu bagus jadikan yg "terbaik" ya
nanti sebagian poin kamu yg kamu gunakan untuk bikin soal akan kembali
hanya saran ya kak ^_^