Jawabanmu

2014-02-26T21:24:24+07:00
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor.
Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas.
Pada umumnya zat akan memuai jika di panaskan. akan tetapi beberapa zat seperti air,paraffin dan bismuthh mempunyai sifat justru menyusut jika di panaskan pada suhu tertentu.

Pemuaian Panjang  Pemuaian panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda karena menerima kalor. Pada pemuaian panjang nilai lebar dan tebal sangat kecil dibandingkan dengan nilai panjang benda tersebut. Sehingga lebar dan tebal dianggap tidak ada. Contoh benda yang hanya mengalami pemuaian panjang saja adalah kawat kecil yang panjang sekali. Pemuaian panjang suatu benda dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu panjang awal benda, koefisien muai panjang dan besar perubahan suhu. Koefisien muai panjang suatu benda sendiri dipengaruhi oleh jenis benda atau jenis bahan. Secara matematis hubungan antara panjang benda, suhu, dan koefisien muai panjang dinyatakan dengan persamaan berikut:
ΔL = Lo.α.Δt
L = Lo(1 +α.Δt)
L = Lo + ΔL
Keterangan:
L = Panjang akhir (m)
L0 = Panjang mula-mula (m)
ΔL = Pertambahan panjang (m)
α = Koefisien muai panjang (/ºC)
Δt = kenaikan suhu (ºC)


Semoga membantu dan saya mendapatkan jawaban terbaik
persamaan matematisnya mana ?