contoh pemanfaatan teknologi yang di ilhami oleh struktur jaringan tumbuhan
embe
HMMM MBOH AKU GATAU =)) AKU YA LAGI NYARI INI BUAHAHAHA
aduh
ya uda lah gpp.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T18:01:52+07:00

Fungsi Akar
Akar tumbuhan berfungsi menyerap dan mengangkut air dan mineral terlarut dari dalam tanah menuju ke seluruh tubuh tumbuhan
Struktur Akar


Akar Monokotil


Akar Dikotil

 

Sistem Perakaran
 Tipe-tipe Akar
MEKANISME AIR MASUK KE RAMBUT AKAR Air dan mineral dari dalam  tanah dapat sampai ke daun melalui beberapa proses.
Ketika rambut akar menyerap air  dari dalam tanah, cairan sel pada rambut akar menjadi lebih encer dari pada cairan sel yang terletak di sebelah dalam  akar.  Oleh karena sel bagian dalam lebih pekat, maka sel bagian dalam akan menyerap air  dari rambut akar.
Dengan cara ini maka air akan bergerak dari sel  ke sel  hingga sampai pada xilem. Pergerakan air  tersebut menimbulkan suatu gaya yang disebut gaya tekan akar. 
Setelah air dan mineral sampai di xilem, pergerakan air  dan mineral ke bagian lain terjadi secara kapilaritas.
Hal ini terjadi karena xilem merupakan pembuluh sangat halus atau berupa pipa-pipa kapiler. Pergerakan air dalam xilem juga dipengaruhi oleh daya isap daun yang timbul karena ada penguapan air di daun yang disebut transpirasi.
Batang memberi dukungan pada tumbuhan.
Batang juga memberi jalan untuk pergerakan air dari akar ke daun dan pergerakan hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tumbuhan.
Xilem yang ada di akar bersambungan dengan xilem batang, dan xilem daun. Floem juga bersinambungan ke semua bagian tubuh tumbuhan.
Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, sedangkan floem mengedarkan makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
Batas antara xilem dan floem adalah kambium pada tumbuhan dikotil. Kambium ini adalah jaringan meristem yang memiliki kemampuan membelah untuk membentuk xilem dan floem.

B.  STRUKTUR FUNGSI BATANG a.  Fungsi Batang      Batang tumbuhan berfungsi sebagai : Menegakkan berdirinya tumbuhanTempat berangsungnya pengangkutan air dan garam mineral dari akar ke daunTempat berlangsungnya pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuhUntuk menyimpan cadangan makanan, contoh; tebu, sagu, kentang b. Struktur Batang
 
C. STRUKTUR FUNGSI DAUN      Ciri-ciri Daun Tumbuhan : Umumnya daun berwarna hijau.Bagian yang tipis melebar disebut lembaran daun.  Pada lembaran daun terdapat tulang-tulang daun.Lembaran daun  berfungsi untuk membuat atau memasak makanan melalui proses fotosintesis. Daun mempunyai lebih banyak stomata di epidermis bagian bawah dibandingkan pada epidermis bagian atas. Kata "stoma" berasal dari bahasa Yunani, yang  berarti "mulut". Stoma ternyata tidak hanya dimiliki oleh daun saja karena batang yang berwarna hijau juga memiliki stoma. Tiap stoma dikelilingi oleh dua sel yang disebut sel penutup.

Stomata

SISTEM JARINGAN PADA ORGAN TUMBUHAN
EPIDERMIS
Epidermis merupakan sel-sel yang terletak di bagian luar  tanaman yang berfungsi melindungi tanaman dan mencegah terhadap kehilangan air.
Stoma merupakan sel-sel epidermis yang mengalami modifikasi dan berfungsi mengatur keluar masuknya gas ke tubuh tanaman.
Lapisan gabus merupakan lapisan sel-sel yang berfungsi melindungi batang berkayu

SISTEM JARINGAN DASAR
Sistem jaringan dasar merupakan pembangun primer tubuh tanaman.
Jaringan ini menempati daerah antara jaringan pelindung dan jaringan pengangkut.
Namun demikian, sel-sel jaringan ini tidak hanya sekedar pengisi antara kedua jaringan tersebut.
Pada akar, jaringan dasar ini kemungkinan digunakan sebagai penyimpan gula dan pati. Sementara di daun jaringan ini berfungsi sebagai tempat yang memungkinkan proses fotosintesis dapat terjadi, yaitu di bagian mesofil.

SISTEM JARINGAN PENGANGKUT
Sistem jaringan pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan yang penting untuk pertumbuhan tanaman.
Yang termasuk dalam sistem jaringan ini adalah xilem dan floem.
Xilem ditemukan di bagian dalam dari jaringan pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral terlarut dari akar ke daun.
Sebaliknya, floem ditemukan mengelilingi xilem yang berfungsi mengangkut bahan makanan hasil  fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tanaman

JARINGAN XILEM Xilem merupakan jaringan kompleks yang terdiri atas beberapa tipe sel, yaitu pembuluh xilem (trakea) dan trakeid.
Pembuluh xilem mempunyai dinding sel tebal. Penebalan dindingnya tidak membentuk lapisan yang seragam, tetapi biasanya menebal dalam pola berkas-berkas spiral, atau bentuk lainnya bentuk dan biasanya berbentuk tabung panjang.
Trakeid berbeda dengan pembuluh karena sel-selnya tidak mempunyai berkas spiral dan ujung-ujungnya meruncing.

JARINGAN FLOEM
Floem merupakan jaringan kompleks.
Sel-sel yang membangun diantaranya adalah tabung tapis. Diberi nama demikian karena dinding ujungnya berlubang-lubang dan pada saat dewasa sel-sel ini sudah tidak memiliki inti.
Sel-sel pembangun floem lainnya adalah sel-sel tetangga yang masih memiliki inti. Sel-sel slerenkim juga ditemukan sebagai pembangun floem

31 4 31
kalau itu di buku bse juga ada
Contoh pemanfaatannya:pada helikopter
yang meniru prinsip kerja pada capung, pembangkit listrik tenaga surya
meniru prinsip daun, atau pesawat yang meniru prinsip kerja dari burung.
bagaimana prinsip kerja yang menyerupai struktur jaringan tersebut ?
yang lain ad a?
Penerapan Jaringan Akar
Contohnya, struktur akar yang kokoh dan dapat menunjang tumbuhan pada daerah laut. Hal ini bisa dipakai sebagai dasar pengembangan pembangunan podasi pada tumbuhan, pondasi dalam pembuatan jembatan dan lain-lain.
Penerapan Jaringan Batang
Batang pohon yang kokoh berdiri memberikan inspirasi pada pembangung rumah. Susunan batu rumah meniru jaringan batang. Tembok rumah agar kokoh diberi besi, hal ini merupakan pengaplikasian dari kambium pada pohon.