Jawabanmu

2014-02-26T19:59:21+07:00
Nilai sosial berfunsi dalam hal untuk mengatur serta menjadi pedoman dalam menentukan aturan serta hukum yang berlaku dimasyarakat menjadi panduan untuk dasar hukum dan penegakan segala hal didalam masyarakat. sedangkan budaya masyrakat berfungsi mengatur, mengembangkan serta melestarikan hasil kreatifitas dari masyarak itu sendiri agar bisa berkembang dan tatp terus telestarikan dan dapat dikenal menjadi objek dalam masyarakat
5 2 5
2014-02-26T20:35:53+07:00
Didalam kajian ilmu sosiologi, nilai merupakan suatu pandangan baik buruk. benar salah yang telah melekat didalam benak maupun anggapan oleh masyarakat. dan dalam kata lain nilai merupakan prinsip, standart atau kualitas yang telah dianggap berharga atau diinginkan oleh orang - orang yang memegangnya. sedangkan nilai sosial merupakan suatu kualitas perilaku, pikiran dan karakter yang dianggap baik, benar oleh masyarakat luas. nilai sosial tersebut merupakan asumsi abstrak dan apa yang dianggal penting dalam masyarakat.
oleh karena itu nilai sosial memiliki fungsi sebagai alat untuk menentukan harga dan kelas sosial seseorang didalam struktur stratifikasi sosial, mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan bertingkah laku sesuai dengan nilai- nilai yang ada didalam masyarakat agar terciptanya intergrasi dan tertib sosial, sebagai pengawas-pembatas-pendorong maupun penekan individu untuk selalu berbuat sesuai dengan norma ataupun aturan yang ada.