Jawabanmu

2014-09-07T17:32:22+07:00
1.  pada tanggal 1 Juni 1945.
2.Istilah ideologi sendiri terbentuk dari dua kata yaitu “idea” yang artinya gagasan atau buah pemikiran dan “logi” berarti pengetahuan. Maka, untuk arti ideologi tersebut yaitu menggambarkan tentang pengetahuan mengenai gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide,  atau ajaran tentang pengertian pengertian dasar.Sehingga bisa disimpulkan, pengertian ideologi yaitu merupakan kumpulan gagasan,ide, keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut terhadap dalam aspek kehidupan manusia.
3.
Pentingnya sebuah ideologi bagi suatu negara juga memberikan fungsi idelogi, seperti berikut ini:
a.Membentuk identitas atau kepribadian (ciri) suatu bangsa
b.Mempersatukan sesama dalam perbedaan
c.Mempersatukan orang dari berbagai agama yang dianut
d.Mengatasi berbagai pertentangan, konflik atau ketegangan sosial dalam negara
e.Pembentukan solidariatas antara warga negara.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T17:34:56+07:00
1. Zaman Majapahit pada abad ke XIV dan dikenalkan oleh Ir. Seokarno pada              tanggal 1 Juni 1945
2. Ideologi berasal dari 2 kata, yaitu Idea dan logos yang berasal dari bahasa              Yunani. Idaea berarti ide atau gagasan dan logos berarti ilmu, Secara
    sederhana, ideologi dapat diartikan sebagai ide-ide, keyakinan, atau gagasan
3. 1. Struktur kognitif, yakni keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan            landasan untuk memahami kejadian dalam keadaan alam sekitarnya.
    2. Orientasi dasar, dengan membuka wawasan yang memberikan makna              serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan masyarakat.
    3. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang.
    4. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya.
    5. Kemampuan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang                untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
    6. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami,                        menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi            dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

        Kesimpulan yang bisa ditarik adalah sekalipun pengertian ideologi                    bervariasi, tetapi jika dicermati sesungguhnya terkandung inti-inti                      kesamaan. Kesamaan- kesamaannya, yakni ideologi adalah prinsip,                  dasar, arah, dan tujuan dalam kehidupan.Selain mengetahui pengertian              ideologi, kita juga harus mengetahui fungsi ideologi. Ideologi berfungsi                mendasari kehidupan masyarakat sehingga mampu menjadi landasan,              pedoman, dan bekal serta jalan bagi suatu kelompok, masyarakat,                    bangsa, dan negara.


2 5 2