Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T16:33:55+07:00
Melaporkan hasil pengukuran
Dalam melakukan pengukuran suatu besaran
secara langsung, misalnya mengukur panjang pensil
dengan mistar atau diameter kelereng dengan
mikrometer sekrup, Anda tidak mungkin
memperoleh nilai benar x0. Bagaimana Anda
melaporkan hasil pengukuran suatu besaran? Hasil
pengukuran suatu besaran dilaporkan sebagai: x =
x0±Δx , dengan x adalah nilai pendekatan terhadap
nilai benar x0 dan Δx adalah ketidakpastiannya.
Pengukuran tunggal dalam kegiatan eksperimen
sebenarnya dihindari karena menimbulkan
ketidakpastian yang sangat besar. Namun, ada
alasan tertentu yang mengharuskan sehingga suatu
pengukuran hanya dapat dilakukan sekali saja.
Misalnya, mengukur selang waktu kelahiran bayi
kembar, atau mengukur kecepatan mobil yang
lewat. Bagaimana menuliskan hasil pengukuran
tunggal tersebut? Setiap alat memiliki skala
terkecil yang memberikan kontribusi besar pada
kepresisian pengukuran.
Skala terkecil adalah nilai atau hitungan antara dua
gores skala bertetangga. Skala terkecil pada
mistar adalah 1 mm. Umumnya, secara fisik mata
manusia masih mampu membaca ukuran hingga skala
terkecil tetapi mengalami kesulitan pada ukuran
yang kurang dari skala terkecil. Pembacaan ukuran
yang kurang dari skala terkecil merupakan
taksiran, dan sangat berpeluang memunculkan
ketidakpastian. Mengacu pada logika berfikir
demikian, maka lahirlah pandangan bahwa penulisan
hasil pengukuran hingga setengah dari skala
terkecil. Tetapi ada juga kelompok lain yang
berpandangan bahwa membaca hingga skala terkecil
pun sudah merupakan taksiran, karena itu penulisan
hasil pengukuran paling teliti adalah sama dengan
skala terkecil.
2 5 2
2014-09-07T16:39:23+07:00
Menuliskan hasil pengukuran ditulis secara langsung ketika selesai melakukan pengukuran