Suatu rumah yang tingginya 6 m,tampak pada layar televisi tingginya 27 cm lebarnya 45 cm,maka rumah sebenarnya adalah ...
a.10 m
b.15 m
c.20 m
d.30 m
tolong di buat jalan nya di sini...dn di jawab besok nak di kumpull

2
itu maksudnya yg ditanyakan luas rumah aslinya??
untuk lebar aslinya 27/6 = 45/x
lebar aslinya : 27/6 = 45/x -> 27x=6.45 -> x=270/27 -> x=10 m (a) :)
liat jawabannya emang pake satuan luasa

Jawabanmu

2014-09-07T16:06:35+07:00
Misalkan:
Tinggi rumah sebenarnya = 6 m
Tinggi pada layar televisi = 27 cm
Lebar pada layar televisi = 45 cm

Ditanyakan:
Lebar rumah sebenarnya = ?

Jawab:
Karena pada jawaban dinyatakan dalam meter (m), maka ubah dulu masing-masing dari satuan cm, sehingga didapat:
Tinggi pada layar televisi = 27 cm = 0,27 m
Lebar pada layar televisi = 45 cm= 0,45 m

Misalkan lebar rumah sebenarnya = x

Kemudian, buatlah model matematika sebagai berikut:

6/x = 0,27/0,45
6.0,45 = 0,27.x
2,7 = 0,27.x
x = 2,7/0,27
x = 10

Jadi, lebar rumah sebenarnya adalah 10 m (A).

*Semoga membantu*
Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T16:10:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Wkwkw iya ya nih gue bantuin, klo ada soal bgni pake rms perbandingan searah aj buu, caranya gampang..
tinggi sesungguhnya 600 cm

tinggi (sebenarnya) =  tinggi (yg terlihat pd tv)
lebar                          lebar

600 = 27      
  x      45

27x = 27000
x = 1000 cm = 10 m (a)