Jawabanmu

2014-01-05T20:17:59+07:00
karena, para pemimpin membutuhkan kekuasaan tertentu untuk dapat efektif, namun hal itu tidak berarti bahwa lebih banyak kekuasaan akan lebih baik. Jumlah keseluruhan kekuasaan yang diperlukan bagi kepemimpinan yang efektif tergantung pada sifat organisasi, tugas, para bawahan, dan situasi. Pemimpin yang mempunyai position power yang cukup, sering tergoda untuk membuat banyak orang tergantung padanya daripada mengembangkan dan menggunakan expert power dan referent power. Sejarah telah menunjukkan bahwa pemimpin yang mempunyai position power yang terlalu kuat cenderung menggunakannya untuk mendominasi dan mengeksploatasi pengikut. Sebaliknya, seorang pemimpin yang tidak mempunyai position power yang cukup akan mengalami  kesukaran dalam mengembangkan  kelompok yang berkinerja tinggi dalam organisasi. Pada umumnya, mungkin lebih baik bagi seorang pemimpin untuk mempunyai position power yang sedang saja jumlahnya, meskipun jumlah yang optimal akan bervariasi tergantung situasi.
2014-01-05T20:19:43+07:00
Karena kepemimpinan yang efektif  merupakan proses yang bervariasi  karena dipengaruhi oleh  kepribadian pemimpin dalam mewujudkan  hubungan manusiawi dengan yang dipimpinnya . 

dan menurut saya kepemimpinan yang efektif itu tidak harus memerlukan kekuasaan yang tinggi ( seperti : para pejabat / presiden ) tapi bisa juga dalam rumah tangga( seorang bapak yang  menjadi kepala keluarga ) kan dia juga memimpin manusia dan kepemimpinannya itu dipengaruhi oleh kepribadiannya sendiri dalam mewujudkan rymah tangga yang harmonis ( itu menurt saya !)