Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T15:15:41+07:00
Tugas dan wewenang DPD?
Tugas dan wewenang DPD, antara lain
sebagai berikut.
1. DPD dapat mengajukan kepada
DPR rancangan
undangundang yang berkaitan
dengan otonomi daerah;
hubungan pusat dan daerah;
pembentukan dan pemekaran,
penggabungan daerah;
pengelolaan sumber daya alam
dan sumber daya ekonomi
lainnya; serta yang berkaitan
dengan pertimbangan keuangan
pusat dan daerah.
2. DPD ikut membahas rancangan
undang-undang yang berkaitan
dengan otonomi daerah;
hubungan pusat dan daerah;
pembentukan, pemekaran, dan
penggabungan daerah;
pengelolaan sumber daya alam
dan sumber daya ekonomi
lainnya; serta yang berkaitan
dengan perimbangan keuangan
pusat dan daerah yang
diajukan, baik oleh DPR maupun
oleh pemerintah.
3. DPD memberikan pertimbangan
kepada DPR atas
rancangan undang-undang
APBN, rancangan undang-
undang yang berkaitan dengan
pajak, pendidikan, dan
agama. Pertimbangan tersebut
diberikan dalam bentuk
tertulis sebelum memasuki
tahapan pembahasan antara
DPR dan pemerintah sehingga
menjadi bahan bagi DPR
dalam melakukan pembahasan
dengan pemerintah.
4. DPD memberikan pertimbangan
kepada DPR dalam
pemilihan anggota Badan
Pemeriksa Keuangan.
Pertimbangan tersebut
disampaikan secara tertulis
sebelum pemilihan anggota
Badan Pemeriksa Keuangan.
5. DPD dapat melakukan
pengawasan atas
pelaksanaan undang-undang
mengenai otonomi daerah;
pembentukan, pemekaran, dan
penggabungan daerah;
hubungan pusat dan daerah;
pengelolaan sumber daya alam
dan sumber daya ekonomi
lainnya; pelaksanaan APBN,
pajak, pendidikan, dan agama.
Pengawasan tersebut
merupakan pengawasan atas
pelaksanaan undang-undang
yang hasilnya
disampaikan kepada DPR
sebagai bahan pertimbangan
untuk ditindaklanjuti.
6. DPD menerima hasil
pemeriksaan keuangan
negara dari Badan Pemeriksa
Keuangan untuk dijadikan
bahan membuat pertimbangan
bagi DPR tentang
rancangan undang-undang yang
berkaitan dengan APBN.
2014-09-07T15:27:31+07:00
Ya benar sekali ingat itu catat lalu simpan di buku pe er selesai deh