Jawabanmu

2014-09-07T14:53:38+07:00
Karena VOC memiliki hak khusus untuk mengadakan perjanjian dengan negara lain , mengedarkan uang sendiri, menyusun angkatan bersnejata, dan mengadakan perang dengan negara lain ,sehingga dikatakan negara dalam negara
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T15:12:05+07:00
Karena voc memiliki hak istimewa : melakukan monopoli prdagangan
dan voc bisa mengaturnya seperti negara
2 5 2