Sebut dan jelaskan tiga contoh kegiatan manusia yang mengancam penurunan keanekaragaman hayati!

2
Terima kasih sudah di jadikan jawaban terbaik :) (y)
samasama :) makasih juga jawabanya ya! :)
Iyaa sama sama ({}) :D

Jawabanmu

2014-09-07T13:58:54+07:00
1. menebang pohon sembarangan
2.  polusi gas hasil pembakaran bahan bakar fosil
11 3 11
Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T14:06:46+07:00
Contoh kegiatan manusia yang mengancam penurunan keanekaragaman hayati beserta penjelasannya ialah :

a. Perusakan Habitat
Habitat didefinisikan
sebagai daerah tempat tinggal
organisme. Kekurangan habitat
diyakini manjadi penyebab utama
kepunahan organisme. Jika habitat
rusak maka organisme tidak
memiliki tempat yang cocok untuk
hidupnya. Kerusakan habitat
dapat diakibatkan karena
ekosistem diubah fungsinya oleh
manusia, misalnya hutan ditebang
dijadikan lahan pertanian,
pemukiman dan akhirnya tumbuh
menjadi perkotaan.

b. Penggunaan Pestisida
Yang termasuk pestisida
misalnya insektisida, herbisida,
dan fungisida. Pestisida yang
sebenarnya hanya untuk
membunuh organisme penggangu
(hama), pada kenyataannya
menyebar ke lingkungan dan
meracuni mikroba, jamur, hewan,
dan tumbuhan lainnya

c. Pencemaran
Bahan pencemar juga dapat
membunuh mikroba, jamur,
hewan dan tumbuhan penting.
Bahan pencemar dapat berasal
dari limbah pabrik dan limbah
rumah tangga.

d. Penebangan
Penebangan hutan tidak
hanya menghilangkan pohon yang
sengaja ditebang, tetapi juga
merusak pohon-pohon lain yang
ada di sekelilingnya. Kerusakan
berbagai tumbuh-tumbuhan
karena penebangan akan
mengakibatkan hilangnya hewan.
Jadi, penebangan akan
menurunkan plasma nutfah.

e. Seleksi
Secara tidak sengaja
perilaku kita mempercepat
kepunahan organisme. Sebagai
contoh, kita sering hanya
menanam tanaman yang kita
anggap unggul misalnya mangga
gadung, mangga manalagi, jambu
bangkok. Sebaliknya kita
menghilangkan tanaman yang kita
anggap kurang unggul, misalnya
mangga golek, nangka celeng.
Menurunnya
keanekaragaman hayati
menimbulkan masalah lingkungan
yang akhirnya merugikan
manusia.
SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT :) Jadikan jawaban terbaik ya .
26 4 26