Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T13:29:50+07:00
Mengamati Struktur Akar Batang Monokotil dan
Dikotil pada Tumbuhan (Praktikum Biologi) Tujuan:
1. mengamati dan mengenali struktur akar, batang
dan daun 2. mengenali nama-nama struktur
penyusun akar, batang dan daun 3. menunjukkan
letak jaringan epidermis, dan jaringan pengangkut
pada akar, batang dan daun 4. Membedakan secara
anatomi bentuk akar dikotil dengan monokotil dan
batang dikotil dengan monokotil 5. mengamati dan
mengenali jaringan meristem
Alat dan bahan 1. akar dan batang tumbuhan
jagung muda (ditanam dari biji selama 2 minggu) 2.
akar dan batang tumbuhan kacang hijau muda
(ditanam dari biji selama 2 minggu) 3. kaca objek
dan penutup 4. pinset 5. pipet tetes 6. silet 7.
petridish Cara kerja: 1. mengamati akar dikotil
dengan monokotil ambil bagian pangkal dari akar
jagung, iris tipis secara melintangletakkan irisan
tipis dan transparan potongan akar jagung di atas
kaca benda yang telah diberi setetes air dan tutup
dengan kaca penutupamati dibawah mikroskop
dengan perbesaran okuler 12,5 dan objektif
0,25gambar hasil pengamatan di tabel hasil
pengamatanulangi langkah yang sama untuk akar
tanaman kacang hijau
2. Mengamati batang dikotil dan monokotil ambil
bagian pangkal dari batang jagung, iris tipis secara
melintangletakkan irisan tipis dan transparan
potongan batang jagung di atas kaca benda yang
telah diberi setetes air dan tutup dengan kaca
penutupamati dibawah mikroskop dengan
perbesaran okuler 12,5 dan objektif 0,25gambar
hasil pengamatan di tabel hasil pengamatanulangi
langkah yang sama untuk batang tanaman kacang
hijau
3. Mengamati daun ambil daun adam hawa, iris
secara melintang hingga mendapatkan irisan yang
tipis dan transparanletakkan irisan tipis daun adam
hawa di atas kaca benda, tutup dengan kaca
penutupamati dibawah mikroskop dengan
pembesaran okuler 12,5 dan objektif 0,25gambar
hasil pengamatan di tabel hasil pengamatan
4. Mengamati jaringan meristem akar bawang ambil
ujung akar bawangletakkan di atas kaca benda
yang telah di tetesi airtutup dengan kaca penutup
dan tekan secara perlahan dengan menggunakan
pulpen hingga akar bawang menjadi agak pipihamati
dibawah mikroskop dengan perbesaran okuler 12,5
dan objektif 0,25gambarkan hasil pengamatanmu di
tabel hasil pengamatan
Tabel hasil pengamatan
Pertanyaan 1. Apakah terdapat perbedaan antara
bentuk akar jagung dengan akar kacang hijau? Ya
terdapat perbedaan. Susunan jaringan pengangkut
pada akar jagung (monokotil) tersebar sedangkan
pada akar kacang hijau (dikotil) teratur. Jaringan
Akar kacang hijau (Dikotil) Akar jagung (monokotil)
Xilem Berbentuk bintang di pusat, tersusun radial/
membentuk jari-jari bersama dengan floem
Berdekatan dengan floem Floem Di antara jari-jari
yang dibentuk oleh xilem, dipisahkan oleh kambium
Berdekatan dengan xilem, tidak dipisahkan oleh
kambium
2. Dimanakah letak jaringan parenkima di dalam
organ akar dan batang? Batang : diantara
jaringan epidermis dan empulurAkar : terletak pada
korteks dan empulur akar
3. Apakah terdapat perbedaan antara bentuk
batang jagung dengan batang kacang hijau? Ya
terdapat perbedaan. Susunan berkas pengangkut
pada batang kacang hijau teratur, sedangkan pada
batang jagung tersebar. Batang kacang hijau
(Dikotil) Batang Akar jagung (monokotil) Disebelah
dalam epidermis terdapat korteks dan stele
Disebelah dalam epidermis terdapat meristem dasar
yang pembagiannya belum begitu jelas Berkas
pembuluh terletak di bagian dalam perisikel,
memiliki kambium Berkas pembuluh tersebar pada
meristem dasar, dilindungi sarung berkas
pengangkut, tidak memiliki kambium
4. Bagaimanakah letak jaringan pengangkut pada
batang kacang hijau dengan batang jagung? Pada
batang jagung (monokotil) letak xylem
berdampingan dengan floem (berselang-seling).
pada batang kacang hijau (dikotil) xylem terletak
disebelah dalam kambium dan floem sebelah luar
kambium.
5. Apakah yang dimaksud dengan mesofil daun?
Apa jenis jaringan yang membentuk mesofil daun?
Jaringan dasar pengisi daun/daging daun yang
terletak diantara epidermis atas dan epidermis
bawah.Jaringan palisade (jaringan tiang) dan
jaringan spons (bunga karang). 6. Rumuskan
kesimpulanmu tentang percobaan ini! Tumbuhan
memiliki tiga organ penyusun tubuh yaitu akar,
batang, dan daun. Pada organ akar dan batang ada
perbedaan letak berkas pengangkut (letak xylem
dan floem) pada tumbuhan dikotil dan monokotil.
Mesofil Daun merupakan daging daun yang terletak
diantara epidermis atas dan bawah yang terbentuk
dari jaringan palisade dan jaringan spons.
1 5 1
2014-09-07T13:34:11+07:00
Akar serabut: terdiri atas bnyak akar dengan ukrn yg sma
akar tunggang: terdiri dari bnyak akar dengan satu akar utama (akar terbesar)
akar tunjang: terdiri Dari banyak akar yg ada d luar tanah (setingkt dgn batang) contohnya tumbuhan bakau
akar gantung: contonya tumbuhan beringin