Jawabanmu

2014-09-07T14:35:13+07:00
1. Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Portugis
a)      Bartholomeus Diaz Seorang bangsa Portugis yang pertama kali melakukan penjelajahan samudra adalah bartholomeus Diaz. Ia melakukan pelayaran melalui arah timur dengan menyusuri pantai barat Afrika. Pada tahun 1486 Bartholomeus Diaz sampai di ujung Afrika Selatan yang kemudian disebut Tanjung Harapan. Setelah sampai di Tanjung Harapan ia tidak sanggup lagi melanjutkan perjalanannya menuju Timur dan kembali lagi ke Portugis.
b)   Vasco da Gama Vasco da Gama ini melanjutkan usaha Bartholomeus Diaz dalam mengadakan pelayaran menuju ke negeri Timur. Dalam ekspedisi ini ia mengambil rute sebagai berikut : Tanjung Verde – ST Helena – tanjung Topan ( Tanjung Harapan) – Mozambique—Calicut. Pada tahun 1498, dia berhasil mendarat di Calicut India. Calicut adalah kota dagang utama di pantai barat India, terutama untuk perdagangan rempah-rempah. Kota dagang tersebut kemudian lebih dikenal dengan nama Goa. Selanjutnya bangsa Portugis mendirikan pangkalan dagang yang pertama di Asia yaitu di Goa. Suatu keistimewaan dari ekspedisi Vasco da Gama adalah di bawanya sejumlah batu “Padrao” yang bertuliskan lambang “Bola Dunia” untuk dipancangkan setiap tempat atau negeri baru yang ditemukan Portugis.
c)    Alfonso d’Albuquerque Pada mulanya Alfonso d’Albuquerque menjadi gubernur di pangkalan dagang Portugis di Goa. Kemudian pada tahun 1511 berhasil menduduki Malaka. Setelah berhasil menduduki Malaka, kemudia dia melanjutkan perjalanan ke Timur untuk mencari sumber barang rempah-rempah. Pada tahun 1512 Portugis sampai di Maluku. Akhirnya pada tahun 1521 Portugis berhasil menguasai Maluku yang merupakan sumber rempah-rempah (Berg, 1952 : 117).
1 5 1