Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T12:42:38+07:00
Jadi, Belanda yang saat itu mendapatkan rempah-rempah dari kepulauan Indonesia, perlu mengangkut hasil rempah-rempah kembali ke Belanda melalui jalur konstantinopel, akan tetapi saat konstantinopel jatuh, jalur pelayaran yang menghubungkan eropa-asia terputus karena di blok. Oleh sebab itu, para pelayar Belanda yang mengangkut rempah-rempah perlu memutar jalan lebih jauh untuk mencapai negaranya, dan harga rempah-rempah pun menjadi mahal.
13 4 13
2014-09-07T12:46:08+07:00
Ketika Konstantinopel sudah dikuasai oleh pasukan Turki Ustmani, sejumlah pedagang Eropa memberanikan diri melakukan penjelajahan samudera ke dunia timur karena semakin lama pasokan rempah-rempah semakin menipis. Akhirnya, ada beberapa pedagang Eropa sampai di Indonesia dan membawa hasil rempah2 ke negerinya dan mereka terkejut bahwa harga rempah2 di negeri Eropa sangat karena kualitas rempah-rempah yang berasal dari Indonesia sangat bermutu dan bagus
8 3 8