Jawabanmu

2014-09-07T12:21:33+07:00
Ikut serta mendirikan organisasiASEAN, menjadi pwnengah konflik antara vietnam dan kamboja, ikur serta dalam ajang olimpiade asean, hanya segitu mungkin
Jawaban paling cerdas!
2014-09-07T12:30:53+07:00
Pada KTT Asean ke-9 tanggal 7‒8 Oktober
2003 di Bali, Indonesia mengusulkan
pembentukan Komunitas Asean (Asean
Community). Komunitas ini mencakup
bidang keamanan, sosial-kebudayaan,
dan ekonomi.
Pada tahun 2004, Indonesia menjadi
negara yang memimpin ASEAN. Selama
memimpin, Indonesia
menyelenggarakan serangkaian
pertemuan. Di antara pertemuan itu
adalah Pertemuan Tingkat Menteri
Asean (Asean Ministerial Meeting),
Forum Kawasan Asean (Asean Regional
Forum), Pertemuan Kementerian
Kawasan mengenai Penanggulangan
berbagai masalah yang terjadi, dan
beberapa pertemuan lainnya.
Menjadi tuan rumah pertemuan khusus
pasca Gempa Bumi dan Tsunami pada
Januari 2005. Pertemuan ini bertujuan
untuk membicarakan tindakan-tindakan
mengatasi bencana Tsunami pada 26
Desember 2004. Negara Asean yang
terkena tsunami adalah Indonesia,
Thailand, dan Malaysia.
Pada bulan Agustus 2007 diresmikan
Asean Forum 2007 di Jakarta. Forum ini
diselenggarakan untuk mendukung
terwujudnya Komunitas Asean 2015
diselenggarakan dalam rangka
memperingati hari jadi Asean ke-40.
Pada KTT Asean ke 19 tanggal 17-19
November 2011 Indonesia kembali
menjadi tuan rumah, salah satu catatan
penting peran Indonesia dalam Asean
adalah kesepakatan Kawasan Bebas
Senjata Nuklir Asia Tenggara atau
Southeast Asia Nuclear Weapon Free
Zone (SEANWFZ). Traktat yang
sebelumnya sudah disusun di Bangkok,
Thailand akhirnya bisa diratifikasi
selama Indonesia menjadi Ketua ASEAN.
Lewat traktat ini, negara-negara anggota
berkewajiban untuk tidak
mengembangkan, memproduksi, atapun
membeli, mempunyai atau menguasai
senjata nuklir.