Jawabanmu

2014-09-07T10:47:14+07:00
Coba kunjungi situs ini garda-pengetahuan.blogspot.com/2013/11/hukum-newton-1-2-3.html

2014-09-07T10:57:52+07:00
1. Hukum I Newton
"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol,maka benda yang mula2 diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan".

Rumus:   

misalnya gini mobil yang berhenti akan terus berhenti sampai akhirnya dijalankan. nah,pas mobilnya berhenti, artinya tidak ada gaya yang dikerjakan pada mobil tersebut, jadi resultan gayanya sama dengan nol.


2. Hukum II Newton
Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan massa benda".

maksud dari pernyataan tersebut didapat rumus a = f ÷ m. maksudnya kalau percepatan yang dihasilkan oleh suatu benda besar,maka gayanya juga besar karena berbanding lurus tetapi massa bendanya kecil karena berbanding terbalik. dan begitupun sebaliknya jika percepatan kecil,gaya kecil maka massanya besar

Rumus:    
Keterangan:
F = Gaya (N)
M = Massa (Kg)
A = Percepatan (m/s2)

3.  Hukum III Newton
"Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan".
        Faksi = Freaksi