Jawabanmu

2014-02-26T17:38:37+07:00
cara mambuat naskah drama:
 # Pemilihan topik
Amatilah apa yang sering terjadi di sekitar kita. itu bisa menjadi inspirasi untuk menentukan topik dari drama yang akan kita tampilkan.
 # Penentuan tokoh, latar, dan sudut pandang
Setelah kita menentukan topik dari drama yang akan kita tampilkan, selanjutnya kita merancang latar, tokoh cerita, dan sudut pandang
 # Tentukan Plot cerita
Cara menulis naskah drama mirip dengan cara menulis cerita lainnya. Untuk menentukan plot cerita, kita harus menulis ringkasan cerita  (yang terdiri dari bagian awal, tengah, dan akhir). kemudian kita harus mengidentifikasikan unsur drama yang kita tulis. Contoh ---> Tema: Kebiakn dibalas dengan kejahatan. Tokoh: Budi (tokoh utama), Bapak Budi (sedang sakit), dan pemilik tas yang dicopet. Latar: pasar kecamatan. Sudut pandang cerita: sudut pandang orang ketiga (Bu Sastro).
 # Membuat rancangan tulisan awal
Setelah semua langkah diatas selesai, kemudian kita harus membuat keragka alur atau urutan cerita. Pikirkan apa yang akan terjadi, kapan terjadi, dan bagaimana terjadi.
 # Tulis naskah akhir
Setelah selesai menulis naskah, koreksi lah dan lakukan perbaikan bila diperlukan. Kemudian baca naskah drama tersebut dari awal sampai akhir. Setelah yakin tidak perlu ada revisi, drama bisa ditampilkan. jangan lupa untuk memilih tokoh yang sesuai dengan karakter dalam cerita drama tersebut. 
2014-02-26T17:40:18+07:00
Membuat kerangka cerita, drama ditulis dalam bentuk dialog, Tokoh drama dan sifat Tokoh, Tokoh terbagi dua yaitu tokoh utama dan tokoh pendukung, selain itu sifat dari tokoh juga dibedakan menjadi dua yaitu : tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang baik sedangkan tokoh antagonis adalah tokoh yang buruk/jahat, diberi tema, diberi latar, alur cerita yang baik, dan jangan lupa amanat juga.

semoga bermanfaat
jadiin yang terbaik ya