1. Kebijakan-kebijakan apa sajakah yang pernah dilaksanakan oleh pemerintah kolonial di Indonesia?
2. Sebutkan 4 jasa-jasa Raffles waktu berkuasa di Indonesia tahun 1811-1816!
3. Sebutkan tiga akibat postitif dan tiga akibat negatif dari pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia!
4. Sebutkan empat sebab-sebab umum terjadinya perlawanan Diponegoro terhadap pemerintah kolonial Belanda!

1

Jawabanmu

2014-09-07T10:54:37+07:00
1. Tanam Paksa, Sewa tanah, penyarahan wajib, kerja paksa, dll
2. Menulis buku yang berjudul History of Java. Menemukan bunga Rafflesia-Arnoldi. Merintis adanya kebun raya Bogor. Membentuk susunan baru dalam pengadilan yang didasarkan pengadilan Inggris.
3.akibat negatif : rakyat semakin menderita, banyak rakyat yang meninggal karena kelparan. Keuntungan yang didapat dari sistem pajak bagi rakyat: Rakyat bebas menanam tanaman yang menguntungkan sesuai dengan keterampilannya. Rakyat membayar sewa sesuai dengan aturan yang berlaku,tanpa rasa khawatir adanya punggutan liar. Rakyat akan tergerak untuk meningkatkan hasil pertanian karena akan meningkatkan tarif kehidupannya.
4. - daerah kekuasaan semakin berkurang, belanda mencampuri urusan kerajaan, pemerasan belanda kepada rakyat, dan belanda memasang tonggak tonggak di makam leluhur pangeran diponegoro

48 4 48
Apakah jawaban nomer 1 ada penjelasanya?
makasih
nmr 5 nya boss
Kekuasaan dan wibawa raja-raja di Jawa Tengah semakin merosot karena daerah kekuasaannya semakin berkurang. Kaum bangsawan merasa dikurangi haknya, tanah-tanah yang mereka sewakan kepada pihak swasta Eropa telah diambil alih oleh pemerintah kolonial. Akibatnya, mereka harus mengembalikan uang persekot yang telah diterimanya. Kaum bangsawan kemudian diangkat menjadi pegawai kolonial dengan mendapatkan gaji.Rakyat mempunyai beban yang sangat berat dalam hidupnya, seperti kerja rodi dan membayar pa
makasih banget