Jawabanmu

2014-09-07T08:13:45+07:00
Kalimat simpleks ialah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada contoh (a) dan (b).
Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih, seperti terlihat pada contoh (c) dan (d).
Contoh: (a)  Tumbuh-tumbuhan tergolong kedalam makhluk hidup. (b)  Tumbuh-tumbuhan [[yang ditanam di kebun itu]] tergolong ke dalam makhluk hidup. (c)  Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. (d)  Tanaman kacang itu akan tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.

Seperti yang terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong. Verba ditanam, yang terletak pada bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]], bukan verba utama. Pada dasarnya, bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]] dapat dibuang dan hanya merupakan penjelas nomina yang ada didepannya.
Amatilah dengan cermat. Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (c), konjungsi yang digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (d), konjungsi yang digunakan adalah apabila.


Semoga bermanfaat :)

2014-09-07T10:22:33+07:00
Kalimat simplek ialah kalimat yg hnya terdiri atas satu struktur