Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-06T22:33:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dari Kertas:
Bahan Membuat Topeng:
1. Kertas Karton
2. Koran Bekas
3. Pewarna bisa dipilih salah satu seperti: Cat Air/Cat Poster/Cat untuk styroform.
4. Asesories seperti : benang, kain, ijuk, renda, dll.

Alat-alat:
1. Gunting
2. Cutter
3. Hecter

Cara Pembuatan:
1. Buatlah sketsa  dasar wajah berbentuk Oval pada sehelai kertas karton kemudian pada sekeliling sisinya beri tanda garis titik 8 bagian.
2. Gunting, Lipat dan tekuk sketsa dasar wajah berbentuk oval kemudian di hecter satu persatu sehingga membentuk seperti gambar di atas.
3. Gunting kertas koran dengan ukuran kecil-kecil kemudian tempelkan pada bentuk dasar wajag topeng, maksudnya agar bentuk dasar topeng dari kertas karton menjadi keras.
4. Bentuk dasar topeng yang sudah selesai di tempeli guntingan kertas koran.
5. Buatlah bagian-bagian wajah topeng seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut dengan teknik melipat, menggunting dan menempel. Caranya sama dengan cara membuat bentuk dasar topeng seperti gambar no.1 dan 2 hanya saja ukurannya lebih kecil. Sebelumnya ukur dulu posisi mata, hidung dan mulut sesuai wajah kita kemudian dilubangi.
6. Setelah bagian-bagian  wajah selesai ditempel pada bentuk dasar topeng tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng, sehingga topeng menjadi lebih keras.
7. Selanjutnya wajah topeng tinggal diberi warna sesuka hati kita, dapat menggunakan cat air untuk styroform, cat poster, cat kayu dlsb. Maka selesailah topeng kita.

Dari Kayu:
Bahan-bahan:
1. Gergaji: digunakan untuk memotong kayu.
2. Alat pahat: untuk membentuk sebuah kayu menjadi sebuah bentuk yang diinginkan.
3. Bor: untuk mempermudah dalam proses melubangi kayu.
4. Lem kayu: lem digunakan untuk perekat, jika pada proses pemahatan ada kayu yang patah.
5. Amplas: untuk menghaluskan kayu yang telah diukir.

Cara Pembuatan:
1. Mari kita siapkan bahan baku yaitu berupa kayu.
2. Potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan gergaji.
3. Ukir pola dasar untuk membentuk mata, hidung, mulut dan motif tambahan lainnya menggunakan alat pahat, hingga berbentuk sesuatu yang anda inginkan.Setelah diukir, maka haluskan kayu yang telah diukir tadi dengan amplas.
4. Finishing, yaitu pemberian warna pada topeng agar karakter dari topeng bisa terlihat, baik itu dengan warna biasa maupun pewarnaan berupa batik.

Selamat Mencoba :D :)
29 4 29
Good job you smart where are you from
Thanks :D I'm from Makassar City :3