Jawabanmu

2014-09-06T20:35:46+07:00
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
Indikator :
1. memberi contoh kasus dampak perubahan sosial
2. mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
3. mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jari diri bangsa
Alokasi Waktu
12 x 45 menit ( 6 pertemuan )
Ringkasan Materi
A. Dampak Perubahan Sosial
1. Integrasi sosial
Dalam perubahan sosial di masyarakat, perlu diikuti adanya penyesuaian baik unsur masyarakat maupun unsur baru. Hal demikian sering disebut sebagai integrasi sosial. Unsur yang saling berbeda dapat saling menyesuaikan diri. Indonesia yang terdiri dari beranekaragam suku bangsa dan budayanya, diharapkan semua unsur/ komponen bangsa dapat menyesuaikan diri. Oleh karena itu akan terciptakan integrasi sosial atau integrasi nasional Indonesia.
2. Disintegrasi sosial
Disintegrasi sering diartikan sebagai proses terpecahnya suatu kesatuan menjadi bagian-bagian kecil yang trpisah satu sama lain. Sedangkan disintegrasi sosial adalah proses terpecahnya suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah satu sama lain. Proses ini terjadi akibat hilangnya ikatan kolektif yang mempersatukan anggota kelompok satu sama lain.
Perubahan sosial sering ditandai dengan perubahan unsur kebudayaan, tanpa diimbangi perubahan unsur kebudayaan yang lain yang saling terkait. Biasanya unsur yang cepat berubah adalah kebudayaan kebendaan bila dibandingkan dengan kebudayaan rokhani
2014-09-06T21:40:36+07:00
Saya hanya bisa menyebutkan 1 maaf ya
1. Ekonomi dampak kemiskinan
okey enggak apa apa kok
Bener nggak papa
kalau emang enggak papa udah ya
okey