Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-26T16:43:44+07:00
Gara menyatu itu adalah sumpah dari gajah mada yang akan mempersatukan bangsa indonesia dengan sumpah palapa
pertama, pertimbanga politik, majapahit ingin mrluaskan wilayah pengaruhnya.
kedua, alasan ekonomi, untuk memajukan majapahi, dibutuhkan banyak pembiayaan. sumber2 dari wilayah majapahit aseli, kurang mencukupi, maka diperlukan dari wilayah luar majapahit, untuk itu perlu kerjasama atau penaklukan.
ketiga, alasan pertahanan. pada masa itu bangsa asing sebenernya udh mulai banyak berdatangan di bandar2 majapahit utk berdagang. namun, sebagai sebuah negara, majapahit jug amencium kemungkinan adanya niat bangsa asing untuk menguasai. maka dariitu perlu mempersatukan wilayah2 di sekitar kerajaan Majapahit.
2014-02-26T16:44:42+07:00
Karena ada sumpah dari gajah mada yaitu sumpah palapa yg bisa menyatukan indonesia