Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-26T16:38:44+07:00
1. Proses Respirasi Meliputi:Glikolisis: peristiwa pengubahan heksosa menjadi asam piruvat, dapat berlansung dengan melibatkan oksigen maupun tidak dan proses ini berlansung di sitoplasma tanpa membutuhkan oksigenFermentasi: proses ini di jumpai pada sistem perakaran tumbuhanSiklus Krebs: proses yang terjadi di dalam mitokondriafotosintesis

fotosintesis.
 1.Reaksi terang 

Terjadi bila terdapat sinar, misalkan sinar matahari. Selama tahap ini klorofil didalam membrane gana menyerap sinar merah dan nila yang bergelombang panjang pada spectrum sinar. 
Energy yang ditangkap oleh klorofil digunakan untuk memecah molekul air. Pemecahan ini disebut fotolisis. Fotolisis mengakibatkan molekul air pecah menjadi hydrogen dan oksigen. Reaksi fotolisis dapat ditulis dengan persamaan: 
2 H2O 2 H2 + O2 
H2 yang terlepas ditampung oleh koenzim NADP. Dalam hal ini, NADP bertindak sebagai akseptor H2, bentuknya berubah menjadi NADPH2 dan O2tetap dalam keadaan bebas. 
NADP (Nikotinamida Adenin Dinukleotida Fosfat) merupakan koenzim yang penting peranannya dalam kegiatan oksidasi reduksi dan banyak terdapat dalam sel hidup. Selama proses tersebut dihasilkan ATP. 

2. Reaksi gelap 

Blackman (1905) adalah seorang ahli membuktikan bahwa reduksi dari CO2 ke CHO berlangsung tanpa sinar. Sehingga reaksi gelap disebut pula sebagai reaksi blackman atau reduksi CO. 
Bila reaksi terang (Hill) dan reaksi gelap (blackman) digabung maka reaksinya sebagai berikut: 

Hill: 
2 H2O 2 NADP H2 + O2 

Balckman: 
CO2 + 2 NADP H2 + O2 2 NADP + H2 + CO + O + H2 + O2 

Penggabungan : 
2 H2O + CO CH2O + H2O + O2 

Bila baris terakhir ini dikalikan 6 , maka kita akan memperoleh: 
12 H2O + 6 CO2 (CH2O)6 + 6 H2 + 6 O2

2. 
yang dasar aja kali yah 
respirasi itu katabolisme, artinya membongkar suatu senyawa menjadi senyawa yang lebih kecil. kalau respirasi, mengubah glukosa menjadi CO2 dan H2O, trus menghasilkan ATP sebagai tenaga yang kita gunakan sehari-hari. 

fotosintesis itu anabolisme, artinya menyusun suatu senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. dalam hal ini, fotosintesis mengubah CO2 dan H2O menjadi glukosa dan oksigen, dalam prosesnya membutuhkan klorofil dan cahaya matahari. 
5 4 5
lanjutan==> Pada reaksi terang dihasilkan Oksigen, ATP dan NADPH
nah yang dimanfaatkan untuk fotosintesis adalah cahaya spektrum cahaya merah dan ungu-nila pada panjang gelombang 680 Amstrong dan 700 Amstrong. hanya lampu yang memiliki cahaya dengan panjang gelombang tersebut saja yang cahayanya dapat digunakan untuk fotosintesis. misalnya lampu neon. nah ini sudah diterapkan pada laboratorium kultur jaringan, dimana bibit-bibit baru yang dikembangbiakkan di laboratirium tidak mendapat cahaya matahari dan cukup disinari dengan lampu neon.
kalau kurang jelas silahkan tanya lagi
untuk nmr 2 kan di udara banyak campuran gas misal CO2 dan O2, tp kenapa kalo siang menyerap CO2 kalo malam menyerap O2?? apa pada stomata tumbuhan ada saringan kah? kenapa tumbuhan bisa memilih menyerap CO2 atau O2??
Tanam gak kayak hewan yang punya siklus hidup siang aktifitas malam tidur atau sebaliknya. layaknya makhluk hidup lainnya, tiap saat gak kenal siang malam, tanaman menyerap oksigen untuk metabolisme dan menghasilkan CO2. dan gak harus siang sebenanrnya tanaman berfotosintesis. asal ada energi berupa foton(cahaya) yang mencukupi untuk hidrolisis di klorofil tanaman akan berfotosintesis. pertanian modern sudah mulai memasang pencahayan pada hothouse agar tanaman bisa berfotosintesis juga malam har
2014-02-26T17:55:31+07:00
1. Respirasi merupakan proses penguraian glukosa menjadi air dan karbondioksida. fotosintesis "menggabungkan", "penggabungan" suatu proses biokimia pembentukan zat makanan karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.
2. respirasi menghirup menghidrup O2 menghasilkan CO2. kalo fotosintesis menghirup  CO2 menghasilkan O2
smg terbantu...