Jawabanmu

2014-09-06T19:55:05+07:00
Alkuna juga hanya memiliki isomer posisi. Alkuna tidak memiliki isomer geometri. Alkuna paling rendah yang memiliki isomer yaitu butuna, C4H6. Akibat pengaruh ikatan rangkap, isomer posisi alkuna mengalami dua jenis pergeseran penataan atom, yaitu:
1) Isomer posisi di mana perubahan posisi dialami oleh ikatan rangkap,
2) Isomer posisi di mana perubahan posisi dialami oleh rantai cabang.

Contoh soal:
Tentukan isomer yang mungkin dari C5H8 !
lightbulb
Contoh isomer Alkuna Jadi, ada 3 Isomer pada C5H8
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-06T19:57:46+07:00
Isomer ditentukan dari kemungkinan variasi letak gugus ikatan rangkapnya serta karena variasi percabangannya. Tidak ada pedoman pasti untuk mengetahui berapa jumlah isomer, semakin panjang maka akan semakin banyak kemungkinan isomernya. 
alkuna : 3 isomer 
Kalau untuk C5H8 berarti alkuna, hanya ada 3 isomer.
butuna : c4h6 isomer nya ada 2
isomer heksuna ada 7