Jawabanmu

2016-09-08T19:07:32+07:00
Alat transportasi air di Kalimantan adalah sungai. Biasanya, gelondongan kayu dihanyutkan dari hulu ke hilir.

Untuk transportasi lain yang lebih modern, ada perahu, kapal, speedboat, dan kapal motor tempel. Perahu dan kapal atau biasa disebut bus air bisa mengangkut orang dan berbagai macam benda mulai dari sembako, kerajinan, dan lain-lain. Speedboat digunakan untuk mengangkut orang dan biasanya benda-benda yang ringan karena keterbatasan tempat. Kapal motor tempel biasanya digunakan untuk memancing dan membawa ikan. Selain tranportasi di atas, masih banyak jenis-jenis perahu lainnya.

Kelemahannya adalah jika aliran sungai terlalu deras atau tidak deras. Jika terlalu deras, barang-barang bisa rusak dan arus juga membahayakan manusia. Tetapi, jika tidak ada aliran yang cukup deras, transportasi tradisional (tanpa mesin) kesulitan berjalan.

Kelebihannya lebih murah karena tidak perlu prasarana tertentu, memiliki banyak jalur bergantung pada sungai.

Semoga membantu :)
1 5 1
2016-09-08T21:52:59+07:00
Kalimantan dikenal sebagai pulau dengan beberapa jumlah sungai besar yang menjadi denyut nadi perekonomian dan sarana mobilitas bagi sebagian besar penduduknya. Jenis alat transportasi air yang digunakan disana antara lain:
1. Kapal Jukung. Sejatinya kapal ini adalah sejenis kano traditional khas kalimantan, tetapi sekarang kapal ini sudah dilengkapi dengan mesin tempel yang membuatnya bekerja lebih cepat dan efisien. Bentuknya yang ramping membuat kapal ini mudah menyusuri sungai-sungai kecil.Kapal jukung panjang, sesuai dengan namanya dapat mengangkut lebih banyak penumpang dan barang- barang. 
2. Speed boat, digunakan untuk keperluan darurat karena bisa mencapai daerah tertentu sengan cepat, hanya digunakan untuk kepentingan darurat karena biaya operasional nya yang mahal.
3.Ponton, biasanya digunakan untuk mengangkut barang barang berat seperti kayu dan barang yambang dari pedalaman , bahkan juga digunakan untuk mengangkut alat/ mesin berat seperti traktor untuk memenuhi kebutuhan perusahaan pertambangan di pedalaman.