Jawabanmu

2014-02-26T16:23:24+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Saya peranan sriwijaya dan majapahit dalam integrasi antar pulau adalah melalui jalur perdagngan,penyebaran agama,pendidikan,di tambah lagi dengan tekad memperluas wilayah dan mempersatukan nusantara.
maaf kalau kurang lengkap dan tepat ya :)
9 2 9
Jawaban paling cerdas!
2014-02-26T16:25:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada zaman hindu-buddha, pelayaran dan perdagangan Nusantara sudah mulai ramai dirintis oleh kerajaan Sriwijaya. Sriwijaya adalah kerajaan maritim, pelayaran antar pulau merupakan kegiatan ekonomi terpenting. Pada zaman ini terdapat pelabuhan-pelabuhan penting seperti Palembang, Sunda Kelapa, dll.
- Melalui pelabuhan-pelabuhan tersebut terjadi hubungan pelayaran dan perdagangan. Pada zaman majapahit, hubungan antar pulau lebih ramai lagi terutama setelah Gajah Mada mengeluarkan konsep Nusantara melalui sumpah palapa. Untuk mengaplikasikan penyatuan nusantara tersebut tentu diperlukan adanya ekspedisi dari pusat kerajaan Majapahit ke pusat pemerintahan lokal yang ingin disatukannya.
- Sebaliknya, dari kerajaan-kerajaan kecil Nusantara yang telah ditaklukan dikirim upeti ke pusat kerajaan Majapahit yang juga dilakukan melalui jalur laut. Dengan demikian melalui kegiatan politik dan perdagangan pada zaman kerajaan Hindu-Buddha terjadilah hubungan antar pulau dan antar penduduk di wilayah Nusantara.
6 4 6