Jawabanmu

2014-02-26T15:54:10+07:00
Klsifikasi iklim matahari berdasarkan banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima suatu daerah dan terpengaruh oleh besar kecilnya garis lintang. Daerah yang memiliki garis lintang yang semakin besar, maka semakin sedikit sinar matahari yang diterima daerah tersebut dan sebaliknya. Iklim matahari merupakan satu-satunya klasifikasi iklim berdasarkan segi fisik, yakni garis lintang yang ada di bumi. Berikut gambar belahan bumi berdasarkan garis lintang.
1. Pembagian Iklim Matahari
1)      Daerah Iklim Tropis           : 0o – 23,5o LU/LS
2)      Daerah Iklim Sub Tropis   : 23,5o LU/LS – 40o LU/LS
3)      Daerah Iklim Sedang         : 40o LU/LS – 66,5o LU/LS
4)      Daerah Iklim Kutub           : 66,5o LU/LS – 90o LU/LS
2. Ciri-ciri Iklim Matahari
1)      Tropis
Tropika adalah daerah di permukaan Bumi, yang secara geografis berada di sekitarekuator, yaitu yang dibatasi oleh dua garis lintang 23.5 derajat LS dan 23.5 derajat LU: Garis Balik Utara (GBU, Tropic of Cancer) di utara dan Garis Balik Selatan (GBS,Tropic of Capricorn) di selatan. Tropis adalah bentuk ajektivanya.
Area ini terletak di antara 23.5° LU dan 23.5° LS, dan mencakup seluruh bagian Bumi yang dalam setahun mengalami dua kali saat Matahari tepat berada di atas kepala (di utara GBU dan di selatan GBS Matahari tidak pernah mencapai ketinggian 90° atau tepat di atas kepala). Kata tropika berasal dari bahasa Yunanitropos yang berarti “berputar”, karena posisi Matahari yang berubah antara dua garis balik dalam periode yang disebut tahun.
Tumbuhan dan hewan tropis adalah spesies yang hidup di daerah tropis tersebut. Istilah tropis juga kadangkala digunakan untuk menyebut tempat yang hangat dan lembap sepanjang tahun, walaupun tempat itu tidak terletak di antara dua garis balik. Tumbuhan daerah tropis biasanya berdaun lebar dan hijau abadi (tidak menggugurkan daun), atau jika memiliki perilaku peluruh mereka tidak dipengaruhi oleh suhu atau durasi radiasi Matahari melainkan oleh ketersediaan air di tanah. Wilayah tropis di seluruh dunia dikenal dalam biogeografi sebagai wilayah pantropis(“seluruh tropis”), untuk dipertentangkan dengan wilayah per benua, seperti Amerika tropis, atau Asia tropis.
Ciri-ciri iklim tropis adalah sebagai berikut:
Suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Umumnya suhu udara antara 20- 23°C. Bahkan di beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C.Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil. Di kwatulistiwa antara 1 – 5°C, sedangkan ampitudo hariannya lebih besar.Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.
16 4 16
ada gmbarnya.?
gmana ngirim nya
di pesan gk bisa kah./
2014-02-26T15:54:58+07:00
1. iklim daerah Tropis
2. iklim daerah sub tropis
3. iklim daerah sedang
4. iklim daerah kutub
7 3 7