Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-06T17:46:41+07:00
Syair berasal daripada bahasa Arab, ertinya dalam bahasa Melayu ialah penyair. Syair dalam pengertian puisi dalam bahasa Arab disebut qasidah atau sihir. Sampai sekarang istilah qasidah itu masih popular di kampung-kampung yang gemar akan gambus Arab atau nyanyian-nyanyian dalam bahasa Arab dengan nama qasidah. Panjang syair sama dengan panjang pantun, baik kalimat mahupun jumlah suku katanya yang terdiri daripada empat kalimat, masing-masing sejumlah lapan hingga sebelas suku kata.Umumnya sajak sama keempat baris itu: a, a, a, a, tetapi ada juga yang bersajak a, b, a, b, seperti pantun. Pada zaman moden ini, manusia sudah banyak yang mempunyai selera yang kritis terhadap sesuatu hasil seni sastera, syair dalam bentuk lma itu tidak mampu lagi mewakili degupan jiwa mereka. Syair moden tidak mengutamakan sajaknya, tetapi pilihan kata teknik dan isinya. dilihat dari isinya, syair hampir sama dengan prosa, ada yang berupa hikayat, roman percintaan, dongeng dan sejarah, ratapan dan pendidikan.

Syair adalah salah satu puisi lama. Syair berasal dari Persia, dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Kata atau istilah Syair berasal dari bahasa arab yaitu Syi'ir atau Syu'ur yang berarti "perasaan yang menyadari", kemudian kata Syu'ur berkembang menjadi Syi'ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum.
Dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab. Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain:Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.

Syair Abdul Muluk
Berhentilah kisah raja Hindustan,Tersebutlah pula suatu perkataanAbdul Hamit syah padaku sultan,Duduklah baginda bersuka-sukaan.
Abdul Muluk putra baginda,Besarlah sudah bangsawan muda,Cantik majelis usulnya syahdamTiga belas tahun umurnya ada.
Paras elok amat sempurna,Petah menjelis bijak laksana,Memberi hati bimbang gulana,Kasih kepadanya mulya dan hina
 Tema : "Syair Abdul Muluk" adalah kisah putra raja yang bijak. Pesan atau amanat hendaklah kita menjadi orang yang bijak dan baik budi agar dicintai sesama. Syair ini termasuk Syair Panji


3 5 3