Jawabanmu

2014-01-05T12:47:34+07:00
Kita semua telah mengetahui apa arti Bhineka Tunggal Ika, yaitu Berbeda beda tetapi tetap satu jua. Falsafah itu sangat cocok dengan keadaan Indonesia sebagai negara yang majemuk. Hubungannya dengan sekarang, menurut saya masih cukup baik. Kita dapat ambil contoh dalam timnas sepak bola Indonesia. Meskipun berbeda beda suku, agama, dll, mereka tetap giat untuk membela Indonesia.
Tetapi, memang masih ada segelintir manusia yang tidak memahami itu. Seperti yang kita tahu, ada beberapa wilayah di Indonesia yang ingin memerdekakan wilayahny sendiri membentuk negara baru. Oleh karena itu kesadaran masing-masig tetap diperlukan dan pemerintah seharusnya bertindak cepat mengatasi haln tersebut.

terima kasih. semoga membantu:)
setuju dengan pendapat diatas ane (y)
2014-01-05T13:59:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

PANCASILA SEBAGAI FALSAFAH HIDUP BANGSA INDONESIA Oleh: MAHIFAL, SH.,MH PENGERTIAN TENTANG FILSAFAT Filsafat = Falsafat Yunani : Philosophia Philos/philein = suka, cinta, mencintai Shopia = kebijaksanaan, hikmah, kepandaian, ilmu   Artinya: Cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada ilmu Belanda : Wijsbegeerte Wijs = pandai, berilmu Begeerte = keinginan   Artinya: keinginan untuk ilmu Filsuf Yunani dan Romawi Plato (427 – 348 S.M) Filsafat : ilmu pengetahuan yang bersifat untuk mencapai kebenaran yang asli Aristoteles (382 – 322 S.M) Filsafat : ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan sostetika Cicero (106 – 043 S.M) Filsafat : ibu dari semua ilmu pengetahuan lainnya Filsafat : ilmu pengetahuan terluhur dan keinginan untuk mendapatkannya Filsuf Abad Pertengahan Descartes (1596 – 1650) Filsafat : kumpulan segala pengetahuan dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya Immanuel Kant (1724 - 1804) Filsafat : ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya 4 (empat) persoalan: Apakah yang dapat kita ketahui? (J: termasuk dalam bidang Metafisika) Apakah yang seharusnya kita kerjakan? (J: termasuk dalam bidang Etika) Sampai dimanakah harapan kita? (J: termasuk pada bidang agama) Apakah yang dinamakan manusia itu? (J: termasuk pada bidang Antropologie) Pakar Indonesia Darji Darmodiharjo Filsafat : pemikiran manusia dalam usahanya mencari kebijaksanaan dan kebenaran yang sedalam-dalamnya sampai ke akar-akarnya (radikal, radik = akar), teratur (sistematis) dan menyeluruh (universal) I.R. Pudjowijatno Filsafat : ilmu yang berusaha mencari sebagai sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan atas pikiran belaka FALSAFAH FALSAFAH PANCASILA Falsafah dalam arti produk : Pancasila sebagai pandangan hidup Falsafah dalam arti praktis: Pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap, tingkah laku, perbuatan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dimanapun mereka berada. Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya Bangsa Indonesia Prinsip-prinsip yang terdapat dalam Pancasila bersumber pada budaya dan pengalaman bangsa Indonesia yang berkembang akibat usaha bangsa dalam mencari jawaban atas persoalan-persoalan esensial yang menyangkut makna atas hakikat sesuatu yang menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesia.

Nilai-Nilai Dasar Yang dimaksud : Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kenyataan, Nilai Keadilan Sosial 

1 5 1