Ibu Susi adalah seorang pedagang peralatan dapur. Ibu Susi menjual 1 gross sendok makan dengan harga Rp.360.000,00 dan menjual 1 lusin sendok makan dengan harga Rp.36.000,00 dan menjual sendok makan dengan harga Rp.3.250,00 per buah. Jika bulan ini, barang dagangan Ibu Susi laku sebanyak 3 gross, 7 lusin, dan 9 buah sendok sementara modalnya adalah Rp.2000,00 per buah, maka berapa % keuntungan Ibu Susi?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-26T15:25:05+07:00
3 gross + 7 lusin + 9 buah = 525 buah
Modal total = 525 x 2000 = 1.050.000
Harga jual 3 gross = 1.080.000
Harga jual 7 lusin = 252.000
Harga jual 9 sendok = 29.250
Harga jual total = 1.361.250
untung = 1.361.250 - 1.050.000 = 311.250
% keuntungan = (311.250/1050.000)x100% = 29,64%
5 4 5
2014-02-26T15:31:04+07:00
Dik : - menjual 1 gross sendok makan seharga 360.000
       - menjual 1 lusin sendok makan seharga 36.000
       - tiap buah sendok makan harganya 3.250
       -  bulan ini laku sebanyak 3 gross,7 lusin,& 9 buah
       - modal RP. 2000 per buah 
dit : berapa % keuntungan ibu susi?
jwb : 1 gross= 360.000
        1 gross= 144 buah 
                   = 360.000 :144
1 lusin = 36.000
1 lusin = 12 buah
           = 36.000 : 12 = 3000/ buah
tiap buah = 3250
bulan ini laku = 3 gross= 432 buah
                       7 lusin = 84 buah
                       9 buah = 9 buah
                                  = 432+84+9= 525buah
525 x 2000 = 1.050.000
harga jual = (3 x 360.000)+(7 x 36.000)+(9 x 3250)
               =1.080.000 + 252.000 + 29.250
               =1.361.250
untung = 1.361.250 - 1.050.000
           = 311.250
           =311.250 x 100 % : 1.050.000
           =29,6428571429 %


5 4 5