Jawabanmu

2017-01-27T03:47:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Halo  Ahmadprima!

 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia pengertian diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.

Macam-macam Diskusi

1.       Seminar

Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. Materi yang dikemukakan penyaji dibahas dari berbagai aspek dan sudut pandang. Seminar bertujuan menemukan cara atau jalan pemecahan masalah.

2.       Sarasehan

Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.

3.       Lokakarya/Sanggar kerja

Pertemuan yang membahas suatu karya. Lokakarya adalah pertemuan yang khusus dihadiri oleh sekelompok orang yang pekerjaannya sejenis. Tujuan lokakarya mengevaluasi proyek kerja yang telah dilaksanakan dan bertukar pengalaman untuk meningkatkan kualitas kerja agar lebih efektif dan efisien. 

4.       Simposium

Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjelang pelaksanaan kegiatan. Simposium adalah diskusi umum yang diikuti oleh moderator, beberapa pembicara, dan banyak peserta. Simposium dimulai dengan pidato pembicara dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Simposium bertujuan membekali peserta dengan sejumlah materi, wawasan ataupun pengetahuan.

5.       Kongres / Muktamar

Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Kongres atau muktamar adalah pertemuan para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan suatu masalah yang dihadapi bersama yang berkaitan dengan keorganisasian.

6.       Konferensi

Konferensi adalah diskusi yang diselenggarakan oleh suatu badan atau organisasi yang membicarakan masalah-masalah aktual. Konferensi bertujuan membicarakan kebijakan-kebijakan telah dilakukan sebelumnya sebagai proses evaluasi.

7.       Diskusi panel

Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. Diskusi Panel adalah diskusi yang diikuti oleh seorang moderator dua sampai empat orang pembicara, dan diikuti oleh banyak peserta. Pembicara adalah orang yang bertugas sebagai panelis yang menyajikan materi atau masalah diskusi. Para peserta hanya berhak mendengarkan, bila diberi kesempatan, mereka bisa mengajukan pertanyaan atau menanggapi pendapat penulis. Tujuan diskusi panel adalah memberikan pemahaman kepada pendengar mengenai suatu masalah.

8.       Diskusi kelompok

Penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil. Diskusi kelompok ialah pertemuan yang direncanakan atau dipersiapkan untuk dilaksanakan untuk membahas suatu topik dengan seorang pemimpin. Diskusi ini relatif sederhana dengan peserta yang tidak begitu banyak antara empat sampai sepuluh orang. Masalah yang dibahas tidak demikian kompleks dengan tujuan untuk lebih mendalami atau memahami suatu masalah dari disiplin ilmu tertentu. Bentuk diskusi ini memberikan peluang kepada setiap anggota untuk mengemukakan pendapat sekaligus memperluas wawasan dan pandangannya.

9.       Diskusi Berkelompok

Bentuk diskusi ini sering dipakai bila jumlah peserta kegiatan diskusi relatif banyak. Bentuk kegiatan ini dilakukan dengan tujuan setiap peserta mempunyai peluang besar untuk berperan aktif berbicara.

10.   Rapat 

Rapat adalah pertemuan wakil-wakil eselon dari suatu instansi untuk membahas yang berkaitan dengan tugas atau fungsi instansi tersebut. Masalah yang dibahas adalah program kerja yang akan dilaksanakan.

Persamaan rapat dan diskusi adalah:

1.      Rapat dan diskusi sama – sama dilakukan dalam sebuah pertemuan

2.      Rapat dan diskusi dilakukan untuk membicarakan suatu masalah

3.      Dalam rapat dan diskusi sama – sama terdapat proses pertukaran pikiran / gagasan

4.      Rapat dan diskusi sama – sama bertujuan untuk mencari pemecahan / penyelesaian suatu masalah

5.      Rapat dan diskusi dilakukan oleh dua orang atau lebih

6.      Dalam rapat dan diskusi sama – sama terdapat proses interaksi

7.      Proses interaksi dalam rapat dan diskusi dilakukan dengan terarah

8.      Dalam rapat dan diskusi telah ditentukan pokok pembahasan / topik terlebih dahulu

Perbedaan rapat dan diskusi adalah:

1. bahwa rapat merupakan salah satu bagian dari diskusi. Jadi, diskusi sifatnya lebih umum dibanding rapat yang sifatnya lebih khusus.

2. Dalam rapat, susunan dan kepanitian rapat lebih terperinci dibandingkan diskusi.

 

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

NB: Maaf jika jawaban saya kurang rapi dikarenakan kesalahan sistem dalam situs ini yang sedang dalam perbaikan.