Jawabanmu

2014-09-06T14:41:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bahan :
Resin : Ini untuk bahan utamanya. Seperti membuat beton, resin itu sebagai semennya. Berbentuk cair warna merah.
Mat : Berbentuk serat-serat putih
Katalis : Bahan campuran resin yang berfungsi untuk memadatkan resin
Talk : Tugasnya membuat hasil akhir lebih keras dan kaku

Langkah-langkah :
1. apa yang mau kita buat dengan fiberglass. Maksudnya kita bikin dulu cetakan Muka atau wajah ondel-ondel untuk saat ini saya menggunakan lilin mainan karena lebih mudah untuk dibentuk untuk lebih mudahnya anda bisa menambahkan campuran minyak sayur agar lilin mainan lebih lembut. Sebelum membuat cetakan, harus sudah ditentukan model yang kita inginkan. Model itu bisa dari kreasi sendiri atau mengikuti model topeng ondel-ondel yang udah ada. Jika ingin lebih menarik dari model yang kita mau bisa dibikin lebih enak dibuat master nya dulu kalo saya selalu menggunakan silicon ruber karena lebih awet dan ga mesti pakai miror glaze sehingga lebih mudah untuk dilepas.
2. Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutup bagian cetakan yang sekiranya akan terkena tetesan resin pake kertas bekas. Sangat berbahaya jika sampai nempel ke bagian fiber lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman.
3. Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain seperti kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan bila perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan tersebut. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk lalu ditambahkan lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan terlalu banyak katalis karena bisa mempercepat kerasnya adonan. Aduk lagi sampai  rata.