Jawabanmu

2014-02-26T14:34:46+07:00
Pengertian pranata sosial secara prinsipil tidak jauh berbeda dengan apa yang sering dikenal dengan lembaga sosial, organisasi sosial maupun lembaga kemasyarakatan, karena di dalam masing-masing istilah tersebut terisrat adanya unsur-unsur yang mengatur setiap perilaku warga masyarakat. Jadi, pengertian pranata sosial adalah sistem norma yang bertujuan untuk mengatur tindakan maupun kegiatan masyarakat untuk memnuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia. Dengan kata lain, pranata sosial adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir dan mengejewantahkan nilai-nilai serta prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat.
Tiga kata kunci di dalam setiap pembahasan mengenai pranata sosial adalah: Nilai dan norma;Pola perilaku yang dibakukan atau yang disebut prosedur umum;Sistem hubungan, yakni jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku sesuai dengan prosedur umum yang berlaku.
2 1 2
2014-02-26T14:39:13+07:00
PRANATA SOSIAL

Pranata Sosial adalah sistem yang tersusun berdasarkan tingkah laku yang berbeda dari organisasi atau kelompok yang terdiri dari sejumlah orang sebagai individu atau makhluk sosial.

CIRI-CIRI PRANATA SOSIAL :

a. Pranata Sosial merupakan suatu organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktifitas social.
b. Suatu pranata sosial yang bersifat tradisi baik tertulis maupun tidak tertulis berguna untuk merumuskan tujuan dan tata tertib.
c. Pranata sosial mempunyai alat perlengkapan yang dipakai mencapai tujuan.
d. Tingkat kekalan merupakan ciri pranata sosial.
e. Pranata mempunyai beberapa tujuan.
f. Lambang merupakan cirri khas dari pranata social.

CONTOH=1. Jamal (jaga malam)
2. Arisan RT
3. Gotong royong
4. Ketentuan ttg sumbangan utk kegiatan2 sosial kemasyarakatan

SEMOGA MEMBANTU
YANG TERBAIK ADA DI TANGAN ANDA
7 3 7