Jawabanmu

2014-09-06T10:51:55+07:00
Kalam adalah suatu kalimat yang tersusun yang berfaedah. 
itu kalogk salah...
jawaban anda kurang sedikit, kalam adalah kalamat yg tersusun, berfaida, menggunakn b, arab,& di sengaja
dalam jurumiyah tidakditerangkan harus menggunakan bhs arab kalo gk salah
kalam adalah lafas yg tersusun dari dua kata atau lebih lebih yg berfaedah dan menggunakan bahasa arab
sepengetahuan sy kalam itu hrus menggunakn b.arab , klau tdk menggunakan b.arab kalam itu kurang smpurna , karena kalam kalimtx harus menggunakn b.arab .contoh; koma ali artix ali du2k
ya mungkin anda betul, soalnya sudah lamagk buka bab kalam
Jawaban paling cerdas!
2014-09-06T11:01:23+07:00
Kalam adalah suatu lafadh yang tersusun dan bermakna lengkap. Maksudnya Kalam dalam ilmu nahwu adalah ia harus memenuhi 4 syarat, yaitu:

1. Lafadz, adalah ucapan yang mengandung banyak huruf hija’iyah. Maksudnya sebuah lafadz itu harus mengandung dari sekian banyak huruf hijai’yah. Misalnya: كتا ب . قلم . atau lafadz merupakan gabungan dari suatu kata dalam bahasa arab yang mengandung makna atau arti.

2. Murakkab, adalah Ucapan yang tersusun atas dua kalimat atau lebih, Maksudnya murakkab merupakan gabungan dari beberapa lafadz.
Sebagai contoh: الله اكبار

3. Mufid, adalah ungkapan berfaedah yang dapat memberikan pemahaman sehingga pendengarnya merasa puas. Mufid memberikan perincian atas maksud dari suatu kataatau penjelasan yang dapat di telaah oleh pendengar, sehingga pendengar mengetahui apa maksud adri si pembicara.
Misalnya: زيد قا ئم

4. Wadha’, adalah Menjadikan lafadz agar menunjukkan suatu makna, serta dalam pembicaraanya itu di sengaja. Karena jika tidak di sengaja sebagai misal dia sedang mengigau, maka yang itu tidak dapat di katakan sebagai wadha’.
1 5 1