Jawabanmu

2014-02-26T11:18:52+07:00
Lembaga sosial berkembang di masyarakat, memiliki tujuan tertentu, lemabga sosial memiliki kekekalan tertentu yang biasanya berlangsung lama, lembag sosial memiliki alat atau perangkat untuk mencapai tujuan tertentu.
2014-02-26T11:22:48+07:00
Menurut J.P Gillin di dalam karyanya yang berjudul "Ciri-ciri Umum LembagaSosial" (General Features of Social Institution) menguraikan sebagai berikut:
Lembaga sosial adalahlembagapola-pola pemikiran dan perilaku yangterwujud melalui aktivitas-aktivitas masyarakat dan hasil-hasilnya. 
Lembaga sosial juga dicirikan oleh suatu tingkat kekekalan tertentu. Olehkarena lembaga sosial merupakan himpunan norma-norma yang berkisar pada kebutuhan pokok, maka sudah sewajarnya apabila terus dipelihara dandibakukan.
Lembaga sosial memiliki satu atau beberapa tujuan tertentu. Lembagapendidikan sudah pasti memiliki beberapa tujuan, demikian jugalembagaperkawinan,perbankan,agama, dan lain- lain.
Terdapat alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuanlembaga sosial. Misalnya, rumah untuklembagakeluargasertamasjid,gereja,pura, danwiharauntuk lembagaagama.
Lembaga sosial biasanya juga ditandai oleh lambang-lambang atau simbol-simbol tertentu. Lambang-lambang tersebut secara simbolis menggambar tujuan dan fungsi lembaga yang bersangkutan. Misalnya, cincin kawin untuklembaga perkawinan, bendera dan lagu kebangsaan untuk negara, sertaseragamsekolahdan badge (lencana) untuk sekolah.
Lembaga sosial memiliki tradisi tertulis dan tidak tertulis yang merumuskantujuan, tata tertib, dan lain-lain. Sebagai contoh, izin kawin dan hukumperkawinan untuk lembaga perkawinan.