1. penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bngsa2 barat diprakarsai oleh bangsa?
2. orang eropa yang berhasil berlayar keliling dunia untuk pertama kalinya(a. marco polo b.james cook c. cornelis de houtman d.vasco de gama e. magellan dan del cano)
makasih :)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-04T19:00:47+07:00
1.)faktor yang mendorong penjelajahan samudra:
Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan bendabenda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).2.)magellan dan del cano
kalau faktor utamanya? agama, politik, ekonomi, budaya atau sosial? makasih
faktor utama nya kayak nya agama karna berhubungan dgn gold,glory,gospel(penyebaran agama nasrani), namun ekonomi juga karna berhubungan utk menambah kekayaan (gold) :)
makasih
2014-01-04T19:01:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. menurut yg sdh saya pelajari penjelajahan samudra di prakasai oleh bangsa portugis dan spanyol yang melakukan perjanjian tordesillas dan membagi dua wilayah perjanjian saragosa
dgn semboyan gold,glory,gospel
2. jawabannya e. magellan dan del cano tapi kalau cornelius d houtman orang belanda yg pertama sekali sampai ke banten, indonesia
vasco da gama org ke dua portugis yg sampai ke indonesia 
,semoga membantu :)
3 5 3
semoga jawaban yg ku berikan juga berguna y