Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-05T21:51:25+07:00
Setelah berkuasa di Indonesia selama lebih kurang 200 tahun pada akhirnya VOC mengalami kebangkrutan. Hal itu disebabkan, antara lain oleh banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi perlawanan rakyat di berbagai daerah. Adanya korupsi dari para pegawai dan timbulnya persainga dengan kongsi-kongsi dagang lain.Selain faktor seperti diatas, menjelang berakhirnya abad ke-18 di Eropa terjadi perubahan besar, yaitu meletusnya Revolusi Perancis. Di bawah pemerintahan Kaisar Napoleon Bonaparte, Perancis tumbuh menjadi negara besar dan kuat yang menguasai hampir seluruh wilayah Eropa, kecuali Inggris. Oleh karena itu, Belanda cemas akan kedudukannya di Indonesia terhadap serbuan Inggris. Mengingat makin merosotnya kedudukan VOC sehingga diperkirakan tidak akan mampu menghadapi serangan Inggris, pada tanggal 31 Desember 1799 VOC secara resmi dibubarkan. Pemerintah kolonial di Indonesia langsung dipegang oleh Kerajaan Belanda. Sejak saat itu, secara politis Indonesia dikuasai atau dijajah oleh pemerintah Kerajaan Belanda.
Pemerintahan di Indonesia kemudian dipegang oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Tugas utama Daendels adalah untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris dan mengatur pemerintahan di Indonesia, termasuk membereskan masalah keuangan.
4 4 4
2014-09-05T22:20:57+07:00
Pertama tama datangnya ras bule(PORTUGIS) lalu di ganti kan oleh Netherlands yang membentuk VOC
2 1 2