Jawabanmu

2014-09-05T19:22:01+07:00
Setau saya banyak pegawai VOC yg korupsi
Jawaban paling cerdas!
2014-09-05T19:27:58+07:00
Alasan:
1.pegawai banyak yg korupsi
2.utang menumpuk karena perang di jawa
3.monopoli rempah sudah terbagi2 ( tdk 100% di VOC)

klau terbentuknya hindia belanda??
HIndia belanda itu berbeda dari VOC kraena,
Hindia belanda itu dari pemerintahan belanda
Voc itu cuma perkumpulan pengusaha belanda